Kompaknya Keluarga Amoeba

Adik-adik, ternyata hewan juga punya keluarga. Hewan apa sih? Mhm…, hewan terkecil di dunia. Namanya Amoeba. Hewan ini tidak bisa kita lihat dengan mata kepala sendiri, tapi harus dengan bantuan mikroskop. Karena amoeba hanya bersel satu. Meski berbeda dengan manusia yang punya ribuan sel, amoeba nggak kalah kompak lho sama keluarganya.

Menurut LiveSciense.com, kehidupan amoeba ini diteliti oleh seorang profesor dari negara Amerika Serikat yang bernama Natasha Mehdiabudi. Kak Natasha ini mengatakan, Amoeba rela mengorbankan diri demi kelangsungan hidup keluarganya. Saat pasokan makanan untuk mereka (bakteri) semakin berkurang di alam, amoeba-amoeba yang jumlahnya ribuan itu saling menempel satu sama lain. Kemudian bentuknya berubah menjadi batang berambut jamur.
Pada jamur itu ada yang disebut spora. Nah, suatu saat spora itu akan terbawa oleh makhluk lain yang nggak sengaja singgah pada jamur. Dan akhirnya, amoeba tadi bisa kembali berkembang biak di tempat yang lain. Jadi, ribuan amoeba tadi sengaja berkorban agar anak cucu mereka tidak punah dan tidak kelaparan mendapatkan makanan.

Hebat ya ikatan keluarga mereka. (Nilna Rahmi Isna)

Halaman Ceria Harian Pagi Padang Ekspres Minggu

One thought on “Kompaknya Keluarga Amoeba

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.