Titik Koma

Di sela-sela skorsing sidang, ketiga delegasi UNAND dalam ISMKMI.

Basic forum sidang saya adalah Konferensi Tingkat Tinggi Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik Broca Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Sebelumnya sempat terlibat dalam kepanitiaan Munas Mukernas Badan Pers Nasional Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia. Hasilnya, hal detail yang harus diperhatikan dalam setiap draft sidang adalah persoalan redaksi, EYD, titik koma, dan lain sebagainya. Suasana sidang penuh perdebatan redaksi inilah yang saya bawa ke forum sidang Rakernas Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia.😀 Kontan, semua kesal kepada saya.

Semenjak pembahasan tata tertib, saya tanpa sadar, ya sama sekali tidak sadar, bahwa sebagian besar forum mengurut dada sabar menikmati editan-editan redaksi saya terhadap draft tatib yang sekaligus memperlama jalannya sidang. Bagi saya, persoalan kesalahan kata, EYD, kesalahan titik koma, dan sebagainya itu adalah hal yang esensial. Jangan sampai kita punya landasan dengan bahasa Indonesia yang berantakan.

Akan tetapi, saya dan sebagian besar forum punya sudut pandang yang berbeda. Tentu saja, bagi forum ketika itu hal yang paling esensial adalah substansi dari redaksi. Sementara saya sibuk mengurusi titik koma.

Saya justru berbalik kesal pada presidium sidang yang kemudian memberikan saya SP hingga 2x karena dianggap mengganggu lancarnya jalan persidangan. Setelah dikenakan SP, saya sering diabaikan saat mengangkat tangan untuk menyampaikan opsi. Alhasil, saya ngambek dan memilih main ayunan di luar ruangan sidang yang berlokasi di sekitar SLB Lebak Bulus itu.

Saya benar-benar baru sadar dan paham bahwa ketika itu forum “kuesssel” kepada saya setelah diceritakan ulang pada pertemuan-pertemuan selanjutnya oleh sang presidium sidang yang memberikan saya SP yang belakangan menjadi sahabat yang sangat sering membuat jengkel yang saat ini sulit sekali bagi saya untuk lepas ketergantungan darinya : Angyun Abraham.

Main ayunan, kalau foto yang ini main ayunan usai sidang.

Leave a Reply

