SAMBUTAN RAKORNAS ISMKMI di MANADO

Salam sehat untuk mahasiswa kesehatan masyarakat seluruh Indonesia,

Hidup Mahasiswa!

 

Mengawali  kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita sama-sama mempersembahkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena atas rahmat dan ridhoNya, kita dapat mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia dan Simposium Nasional Kesehatan Masyarakat Pesisir dan Kepulauan ini. Semoga acara kita mendapat berkah dari karuniaNya.

Saya ucapkan selamat kepada BEM FKM UNSRAT yang telah berhasil mengangkatkan acara besar Rakornas ISMKMI. Selamat dan terima kasih atas kerja keras dan koordinasinya selama ini. sebagai penyelenggara kegiatan Rakornas ISMKMI. Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya atas ketidakhadiran saya dalam agenda penting ini karena faktor izin orangtua yang meminta saya untuk tetap berada di Padang. Semoga dapat dimaklumi oleh semua peserta dan delegasi.

 

Hadirin yang saya hormati

 

Kesehatan Masyarakat Pesisir dan Kepulauan adalah isu strategis yang dapat kita kembangkan sebagai pelopor kesehatan masyarakat. Indonesia adalah negara kepulauan dengan hampir seluruh daerah memiliki kawasan pesisir.Daerah pesisir dan kepulauan merupakan mozaik keunikan sosial budaya dengan ekosistem yang paling beragam. Keadaan ini tentu memiliki polemik kesehatan yang beragam pula. Kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil merupakan tantangan khusus untuk dikelola. Keadaan fisik, ekologi dan keragaman sosial budaya menyebabkan pengelola harus berhadapan dengan ketidakpastian yang tinggi. Penanganan epidemi masyarakat pesisir dan kepulauan tentu perlu penanganan terpadu dari instansi terkait lintas sektoral dan hendaknya menjadi salah satu yang harus diperhatikan oleh pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat terutama stakeholder juga mahasiswa kesehatan masyarakat.

Semoga Symposium Nasional Kesehatan Masyarakat Pesisir dan Kepulauan mampu menjawab tantangan ini dalam rangka menemukan suatu pendekatan baru untuk meningkatkan kualitas hidup penduduk kawasan pesisir dan kepulauan, terutama di bidang kesehatan dan kesejahteraan.

 

Hadirin yang saya muliakan

 

Bersamaan dengan agenda ini pula, diangkatkan Rapat Koordinasi Nasional Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia. Dalam agenda Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) ISMKMI pada Februari 2012 lalu dihasilkan keputusan bahwa untuk penyelenggaraan Rakornas ISMKMI akan diselenggarakan pada bulan September 2012 di FKM UNSRAT, Manado. Rakornas ISMKMI merupakan forum pertemuan koordinasi nasional setiap 6 bulan untuk mengevaluasi kinerja dan merencanakan kinerja pengurus ke depan. Rakornas 2012 di Manado ini adalah forum koordinasi semester ke-3 dalam perjalanan organisasi ISMKMI.

Rakornas tentu bukan suatu formalitas atau sekedar kewajiban pertemuan dalam perjalanan organisasi ISMKMI, tapi lebih kepada manfaat dari kegiatan ini yang sangat diperlukan dalam menjawab tantangan organisasi, mempererat persaudaraan, serta menimbulkan kepercayaan sesame anggota ISMKMI.

Melalui Rakornas ini, saya mengharapkan rekan-rekan seperjuangan mahasiswa kesehatan masyarakat terus berupaya meningkatkan diri dalam menuangkan ide-ide solutif dan pemikiran kreatif untuk menunjukkan daya juang dan berkarya sebagai mahasiswa kesehatan masyarakat

Hari ini, pada rakornas ISMKMI semester ke-3 ISMKMI ini, saya ucapkan selamat kepada seluruh delegasi yang dapat hadir dalam kegiatan ini. Kerja kita belum selesai, belum apa-apa. Tentu, tak ada seorang pun yang akan mampu menghitung-hitung berapa untung yang didapat nanti dari organisasi ini, jikalau kita rela berjuang dan berkorban dalam mempertahankannya. Dikutip dari Pidato Bung Karno, janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segitiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk, pekerjaan kita belum selesai. Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat. Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup di masa pancaroba, tetaplah bersemangat elang rajawali. Tetaplah bergerak ISMKMI…!

 

Penutup kata, selamat kepada seluruh peserta, delegasi, dan panitia Simposium Nasional, Advance Training of Public Health, dan Rakornas ISMKMI. Terima kasih sebesar-besarnya kepada BEM FKM UNSRAT dan civitas akademika FKM UNSRAT yang telah mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan ini.

 

One thought on “SAMBUTAN RAKORNAS ISMKMI di MANADO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s