KKN #Memory

Berawal dari postingan bellathesiskaa tentang cerita-cerita KKNnya diiringi dengan musim KKN angkatan 2009 UNAND tahun ini dan beberapa staff di kepengurusan ISMKMI yang lagi KKN, serta Friend Request dari seorang adik di lokasi KKN dulu, saya tiba-tiba kangen sendiri. Baiklah, mari membuka kembali folder photo KKN di lappy.

#FlashBack

47hari di lokasi KKN bersama lima mahasiswa lainnya dari program studi yang berbeda-beda : Kesehatan Masyarakat, Teknik Lingkungan, Biologi, Hukum, Sejarah, dan Keperawatan, mengabolorasikan keilmuan masing-masing yang patut dibagikan kepada masyarakat. Maka jadilah program Bakti Sosial, Sensus Kesehatan, Taman Toga, Revitalisasi Posyandu, Dokter Kecil, dan Sekolah Sehat.

Di luar basis keilmuan kami, program yang masih dirasakan sampai sekarang manfaatnya adalah terbentuknya TPA TPSA Kenagarian Campago. Masyarakat di desa ini punya banyak anak-anak, namun anak-anak tersebut harus menempuh perjalanan yang melewati dua desa untuk belajar mengaji. Melihat semangat yang menderu, maka dimulailah TPA/TPSA dengan Didikan Shubuh bersama yang kemudian dilanjutkan dengan Aneka Lomba Rohani Islam di desa campago dalam rangka 17 Agustus dan Sambut Ramadhan. Lomba ini pun kemudian merambah ke tingkat Nagari.

Maka inilah prestasi membanggakan untuk Desa Campago, anak-anak di desa ini meraih 3 gelar Juara 1 dari 4 cabang yang dilombakan.

Beginilah Rahma, siswa kelas 6 SD, yang membacakan puisi dalam Lomba kala itu hingga menitikkan air mata :

Namun dari semua program, ada program pribadi yang hingga hari ini tak akan saya tinggalkan : PROGRAM MEMASAK. Masak memasak adalah sisi lain yang seksi dalam masa-masa KKN. Pagi menjelang shubuh semua kami yang perempuan sudah bangun, berbagi tugas masing-masing. Menanak, menggoreng, menggulai, merebus, mengukus, mengukur kelapa, menggiling cabai-lengkuas-merica-jahe-kunyit, meremas santan, dan tentu saja menyicip dengan telapak tangan. Maka saya berani katakan bahwa saat-saat seksi seorang perempuan adalah ketika ia sedang memasak di dapur. ^^

[ ps : saya mau pamer photo-photo di dapur, tapi yah CD-Drive saya lagi bermasalah. Mungkin CD-DRIVE juga tahu, saya tak perlu pamer photo-photo di saat-saat seksi.😀 ]

Hari ke-47, hari ketika akhirnya tangis membuncah. Dan inilah anak-anak di desa kami KKN :

Usai sholat shubuh, hari terakhir, anak-anak itu berlari ke kamar kami.
Kami berempat tersentak dari posisi berkemas di dalam kamar. Mereka memeluk kami, mengenggam tangan kami, dalam bisikannya mereka berkata, “Kak, capek bana kakak pulang mah.” (terj : Kak, terlalu cepat kakak meninggalkan kami). Tak sedikit yang mengurai air mata. Luar biasa memang. Dan siapa yang akan menyangka, sejak beberapa hari sebelum kepulangan kami ke kota, tangan-tangan mereka menyiapkan kotak yang dibungkus kertas warna-warni, ada nama-nama kami di sana : Kak Nilna, Kak Titi, Kak Via, Kak Tia…. Kata mereka, itu kenang-kenangan dari mereka.  Mereka membeli apa yang bisa dibeli, menyerahkan apa yang bisa diserahkan. Dan kami hanya bisa terpana serta membendung air mata.

Ini baru “sagarobak” pernak-pernik kenang-kenangan dari anak-anak perempuan untuk saya, belum lagi dari nenek dan ibu mereka. Ini baru untuk saya, belum lagi untuk yang lainnya. Jika dikumpulkan, mungkin ada sekitar puluhan pernak-pernik dari desa ini yang dibungkus dalam kertas warna-warni di hari terakhir tersebut.
Terima kasih atas penerimaan dan sambutan yang telah diberikan kepada kami dulu. Harumnya Campago masih semerbak hingga hari ini. [ Lokasi KKN : Desa/Korong Campago, Kenagarian Campago, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Prov Sumatera Barat. Tahun : 2010 ]

One thought on “KKN #Memory

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s