=== Nilna R. Isna, SKM, MQIH, MARS ===

Manajemen Mutu, mata kuliah yang sangat disiplin ketika itu. Mata kuliah ini membuat saya cukup berada dalam kondisi “tidak nyaman”. Semua ini karena absensi. Berdasarkan catatan absensi di bagian akademik kampus, saya sudah 3x absen.  Ketiganya ditulis ALPHA. Meskipun yang sebenarnya adalah 1xizin ikut munas ke Palembang, 1xbener-bener absen karena urusan HIMA, dan 1x sakit.  Sebenarnya saya punya surat tugas yang berfungsi sebagai surat izin di kampus. Namun karena respon bagian administrasi sangat lamban untuk kegiatan mahasiswa, maka saya terpaksa mengalah. Alhasil ketika pertemuan kuliah dijalankan pada hari itu saya dianggap Alpha oleh sang dosen. Alpha kedua, saya lupa ada urusan apa hari itu sehingga lagi-lagi ditulis Alpha. Alpha ketiga, sesungguhnya saya hadir di kampus, tugas mingguan telah selesai dibikin, bahkan tas dan buku resume saya hadir di kelas ketika pertemuan berlangsung. Namun, penyakit yang mampu mengeluarkan keringat dingin hanya bisa membuat saya tertidur kesakitan di sekre. Argh.

3 x alpha adalah batas maksimal di absensi. Lewat dari itu tidak diizinkan mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS). Akan tetapi, berita batas maksimal ini simpang siur. Apakah 3xalpha itu batas maksimal atau nilai mati? Sebelum pertanyaan dijawab, saya sudah divonis tidak dapat mengikuti ujian. Subhanallah.

Stress setengah mati.

Manajemen Mutu pada saat itu hanya diambil oleh 6 orang yang punya kelebihan SKS. Manajemen Mutu adalah mata kuliah di semester 7 sementara pada saat itu kami masih semester 5. Dosen pengampu pada mata kuliah ini adalah dosen paling disiplin se-PSIKM. Dan saya harus bermasalah dengan mata kuliah ini.

Proses KOMUNIKASI, MANAJEMEN KONFLIK, dan PROBLEM SOLVING pada mata kuliah inilah yang akhirnya membuat saya merasa semakin yakin dengan “Public Health”. Saya mendapat banyak pelajaran dan pengalaman berharga dari sang Dosen. Yang paling utama adalah saya berhasil merubah mindset. Bahwa Dosen/Guru terbaik tidak hanya sekedar menjadikan anak-anaknya tahu tetapi juga pintar, bahwa Dosen/Guru terbaik bukan saja menyuguhkan pengajaran tapi juga memberikan pendidikan.

Thanks so much 4 our great teacher in Quality Management at grade 3.

::Bu, saya tidak akan pernah lupa bagaimana rasanya kuliah dalam satu ruangan besar yang diisi oleh 6 mahasiswa, 1 orang dosen, 6 buah buku besar untuk resume, laptop dan LCD proyektor untuk presentasi makalah individu, serta Whiteboard dan spidol. Saya juga tidak akan pernah lupa apa yang Ibu sampaikan pada pertemuan akhir mata kuliah kita. “Saya mengajar agar anak-anak saya pintar.”

Saya bahagia pernah diajar dan dididik seperti ini dan dengan jumlah seperti itu. Sungguh. ^_^

Tahukah teman, dengan proses kuliah yang sedemikian rupa (tegang, takut, disiplin, tugas individu setiap minggu, hampir saja tidak bisa mengikuti ujian, serasa diospek dan segala macam rupanya yang membuat saya sempat trauma), kami berenam memperolah nilai A. :)) 2 orang A+, 2 orang A, 2 orang A-.

Nilai saya A- tapi saya sujud syukur dan hampir menangis memandang nilai yang dipajang di papan pengumuman itu. Bukan karena secara angka saya memperoleh nilai paling rendah dari 5 teman saya. Tapi itu adalah nilai yang paling memuaskan. Dengan proses kuliah seperti itu, dengan alpha 3x, rasanya saya tidak pantas mendapat nilai cemerlang seperti itu.

Terima kasih, Bu.

Nilna R. Isna, SKM, MQIH, MARS, saking cintanya saya pengen ambil S2 mutu. MQIH, Magister Quality Improvement in Health. Lumayan, di Sumbar baru ada 3 orang. Dan kuliah S2nya di Australia. Hehe.

(Tapi, Harvard juga menarik perhatian… hahhaahay. sombong bgt..  Taunya gag bisa S2.. T.T *bolehlah.masa.mimpi.aja.gag.boleh*)

Let it flow aja lah.

4 thoughts on “=== Nilna R. Isna, SKM, MQIH, MARS ===

Leave a Reply

