Aksi Remaja Untuk Perubahan Iklim

 

Waw, perubahan iklim. Isu-isunya sering terdengar, kedengarannya mengerikan. Sebagai pelajar apakah kita akan diam saja? Karena itu mari bergerak tanggulangi perubahan iklim yang mengancam keberlangsungan hidup bumi dan manusia di dalamnya. Nah kawan, check komentar teman-temanmu berikut sekaitan dengan perubahan iklim yang mengancam bumi ini.
Sarah Khairunissa menyatakan bahwa remaja harus tanggap dengan perubahan iklim. “Banyak sekali diantara kita yang tidak tahu dampak perubahan iklim tersebut. Oleh karena itu kita harus mulai kampanye,” ucapnya. Menurut cewek yang duduk di SMPN 8 Padang ini, kampanye bisa dilakukan di sekolah-sekolah atau masyarakat umum. Memang, dampak perubahan iklim sudah sering dirasakan oleh sarah. “Iya, sering hujan panas. Kadang-kadang siang panas banget, malam hujan lebat,” katanya. Sarah juga ngeri mendengar kabar bahwa es di kutub akan mencair. “Wah, kita harus benar-benar waspada. Apa jadinya jika es di kutub benar-benar mencair,” ucapnya bergidik.
Selain Sarah, ada juga khairinnissa, siswi SMP Semen Padang ini menyebutkan tentang lapisan ozon yang menipis. “Kalau laposan ozon menipis kan juga berbahaya bagi manusia,” ungkapnya. Nissa sendiri memang kurang paham betul bagaimana akibat langsungnya. Namun, ia sering mendengar bahwa menipisnya lapisan ozon sebagai akibat dari perubahan iklim.
Fitri Yanti dari MAN 2 Padang juga merasakan sedikit banyak dari dampak perubahan iklim di Indonesia. “Tidak teraturnya pergantian musim di Indonesia,” ucapnya. Yanti juga menyebut pemanasan global yang disebabkan efek rumah kaca. “Efek rumah kaca kan disebabkan oleh gas-gas seperti karbon dioksida yang dapat mencemarkan udara, salah satunya berasal dari gas buang kendaraan bermotor. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengurangi penggunaan kendaraan bermotor,” jelas Yanti panjang lebar. Ia pun mengajak remaja untuk ikut menjaga alam. “Jaga alam dan kurangi pencemaran udara. Mari kita mencintai lingkungan!,” ajak cewek berjilbab ini.
Senada dengan di atas, Jimy dari SMAN 14 Padang unjuk suara tentang hubungan antara perubahan iklim dengan bencana alam. ‘Bencana alam sebenarnya juga disebabkan oleh perubahan iklim,” ungkap Jimy. Menurutnya, banjir, badai, longsor, bahkan gempa bumi adalah dampak dari perubahan iklim dan ini juga berkaitan dengan perilaku manusia. “Seperti banjir dan longsor, itu kan karena ulah manusia juga,” terangnya. Jimy pun menyarankan kepada remaja-remaja sebagai generasi penerus, “Mari selamatkan bumi dan anak cucu kita. Caranya mudah saja, jaga lingkungan dengan melakukan penghijauan, tidak merokok, dan memilih kendaraan yang ramah lingkungan,” ucapnya. “Oh ya, satu lagi, buanglah sampah pada tempatnya. Karena itu juga berpengaruh terhadap bencana-bencana yang menimpa kita ini,” ucapnya serius.
Hmm, ayo kawan-kawan. Mari kita jaga lingkungan kita. Selamatkan bumi untuk anak cucu kita dari perubahan iklim. Cara simple saja, seperti tadi : kurangi penggunaan kendaraan bermotor, kenapa kita tidak jalan kaki atau bersepeda saja ; lakukan penghijauan; tidak merokok; membuang sampah pada tempatnya; kurangi pemakaian plastik , tisu, dan kertas ; dan giatkan terus aksi-aksi kampanye mengenai dampak perubahan iklim.
Semangat dan Stop Climate Change!
(Laporan : Cici Okta. Perangkum : Nilna Rahmi Isna)

 

3 thoughts on “Aksi Remaja Untuk Perubahan Iklim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s