“Dominance, itu Nilna,” Herru said.

Benarkah? Suatu kali dalam mata kuliah Kewirausahaan, dosen mengajarkan 4 model kepribadian yang lazim dikenal dengan DISC yaitu Dominance, Influence, Steadiness, Conscientiousness.

Dominance Style
Orang-orang yang masuk ke dalam model ini adalah (1) mereka yang suka mengendalikan lingkungan mereka serta senang menggerakkan orang-orang di sekitar mereka; (2) Mereka adalah jenis pribadik yang suka to the point dan tidak bertele-tele; (3)mereka juga sennag mengambil peran penting, pembuat keputusan, problem solver, dan melaksanakan berbagai hal; (4) Mereka cenderung menyukai posisi sebagai leader. Meskipun demikian, ketika menjadi leader, mereka cenderung akan menjadi pemimpin yang otoriter, demanding dan kurang memiliki kesabaran serta empati pada bawahan; (5) Mereka juga tipe orang yang cepat menjadi bosan dengan suatu rutinitas; (6) Mereka juga kurang suka dengan detil, karena pada dasarnya mereka cenderung tipe yang suka dengan big-view picture dan visioner; (7) Orang dengan tipe D ini juga adalah orang yang menyukai tantangan dan berani mengambil resiko; (8) Ketika orang-orang dari model ini termotivasi secara negative, mereka dapat menjadi seorang pembangkang (rebels).

Influence Style
Orang-orang dengan model ini adalah (1) Mereka yang suka bergaul dengan orang lain, ekstrovert, dan senang berada pada lingkaran pertemanan yang luas. Mereka benar-benar menikmati berada bersama teman-temannya; (2) Mereka tidak suka menyelesaikan sesuatu atau bekerja sendirian (single fighter). Sebaliknya, mereka lebih suka berhubungan dan bekerja dengan orang-orang daripada sendirian; (3) Orang-orang dengan model ini juga memiliki empati yang tinggi terhadap orang lain, dan mudah melibatkan perasaan ketika menjalankan aktivitasnya; (4) Mereka pada dasarnya orang yang penuh optimisme, antusias, dan cenderung memiliki sifat dasar yang riang. Meskipun demikian, mereka bukan orang tepat ketika harus mengerjakan tugas-tugas yang menuntut ketelitian tinggi seperti akuntansi dan keuangan; (5) Pada sisi lain, mereka dapat menjadi best promotor untuk gagasan-gagasan baru.

Steadiness Style
(1)Orang-orang dalam model ini cenderung introvert, reserve, dan quiet; (2) Mereka adalah orang-orang yang lebih suka melakukan sesuatu secara sistematis, teratur dan bertahap; (3) Mereka juga cendrung menyukai sesuatu yang berjalan dengan konsisten, dapat diprediksi dan lingkungan kerja yang stabil dan harmonis; (4) Orang-orang dalam model ini juga tergolong pribadi yang sabar, dapat diandalkan dan cenderung memiliki loyalitas yang tinggi; (5) Pada sisi lain, mereka termasuk golongan yang kurang menyukai perubahan yang radikal dan bersifat mendadak. Juga cenderung terpaku pada sistem yang sudah berjalan; dan karena itu kurang terdorong untuk melakukan inovasi yang bersifat radikal; (6) Ketika mereka mengalami demotivasi, mereka cenderung akan menjadi orang yang kaku, resisten dan kemudian melakukan perlawanan secara pasif.

Conscientiousness Style
(1) Orang-orang dalam kategori ini termasuk pribadi yang menekankan akurasi dan ketelitian; (2) Mereka cenderung menyukai sesuatu yang direncanakan dengan matang dan bersifat menyeluruh; (3) Mereka juga cenderung suka dengan pekerjaan yang mengacu pada prosedur dan standar operasi yang baku; (4) Orang-orang dalam kategori ini adalah pemikir yang kritis dan suka melakukan analisa untuk memastikan akurasi; (5) Pada sisi lain, karena cenderung terfokus pada keteraturan, pribadi dalam model ini cenderung skeptis terhadap gagasan-gagasan baru yang radikal; (6)Mereka juga agak enggan menerima proses perubahan yang mendadak; (7) Ketika mereka termotivasi secara negative, mereka akan menjadi sinis atau sangat kritis.

Tak hanya Herru, Ina dan Bang Ad juga menyatakan saya pada dominance style. Tapi, saya agak khawatir jika saya juga sepakat. B’coz I’m influence, steadiness, and conscientiousness too. Haha….!

Hayo… kamu yang mana?

One thought on ““Dominance, itu Nilna,” Herru said.

  1. Ugh, kok saya mirip Conscientiousness Style, tapi mirip juga Steadiness Style yak😛. Jadi bingung…

    *btw, salam kenal*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s