Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Unand Melaksanakan PBL

Kegiatan Identifikasi Masalah Kesehatan di Puskesmas Alai Padang

Kegiatan Identifikasi Masalah Kesehatan di Puskesmas Alai Padang

Mulai 2 Februari 2009, mahasiswa jalur B (mahasiswa S1 tamatan D3,-red) Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (PSIKM) Universitas Andalas melaksanakan program Pengalaman Belajar Lapangan atau disingkat PBL. Menurut Aria Gusti, S.KM M.Kes, selaku dosen koordinator pelaksana, PBL merupakan kompetensi mahasiswa dalam menemukan pemecahan masalah kesehatan yang tampak dalam masyarakat nyata serta sekaligus sebagai program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Pada PBL tahun ini, mahasiswa disebar di 11 puskesmas kota Padang, 6 kecamatan, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aie Pacah. Adapun mahasiswa yang mengikuti PBL ini sebanyak 126 mahasiswa. Mahasiswa tersebut dibagi dalam 19 kelompok yang merupakan gabungan dari peminatan Epidemiologi, Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK), Kesehatan Reproduksi dan Gizi. Program belajar dengan 3 sks ini akan berlangsung selama satu bulan di lapangan dan hingga 10 minggu ke depan untuk seminar dan penyempurnaan laporan akhir.
Melalui program PBL ini diharapkan mahasiswa mampu melihat dan menemukan alternatif solusi pemecahan masalah yang ada di masing-masing lokasi PBL. Aria Gusti S.KM, M.Kes mengatakan, “Melalui PBL, mahasiswa memulai dengan analisa situasi hingga intervensinya berupa hasil dari identifikasi permasalahan kesehatan dapat menjadi bahan bagi lokasi tempat mahasiswa melaksanakan PBL.”  Tujuannya adalah bagaimana rencana kerja dan intervensi yang dilakukan dapat diterapkan oleh masyarakat, puskesmas, atau rumah sakit yang bersangkutan.
Defriman Djafri, S.KM, M.KM yang merupakan koordinator PBL tahun lalu mengatakan bahwa PBL juga berguna nantinya bagi mahasiswa untuk memecahkan masalah di tempat kerja. “Jadi, apa yang didapatkan di dalam kuliah, diterapkan dalam PBL,” ujarnya. Selain itu, PBL akan membentuk pribadi mahasiswa dalam proses berkomunikasi, bersosialisasi, bekerja sama, menyatukan pendapat, ide, dan egoisme masing-masing di dalam kelompok.
Lebih lanjut, dalam program PBL, mahasiswa akan menemukan beragam tantangan terutama dalam efektivitas promosi kesehatan. Hingga saat ini, bagaimana meyakinkan masyarakat terhadap apa yang disampaikan lewat promosi kesehatan masih merupakan tantangan utama bagi mahasiswa ilmu kesehatan masyarakat. (Nilna Rahmi Isna)

terbit di Padang Ekspres Minggu, 8 Februari 2009

6 thoughts on “Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Unand Melaksanakan PBL

  1. kak nilna salam kenal…
    insya allah tahun 2014 nanti saya dapat menyusul kakak di PSIKM,,
    aminn,,,
    doain ya kakk …🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s