Vitamin K Baik Untuk Darah dan Tulang

18116Vitamin K merupakan kebutuhan vital untuk sintesis beberapa protein, termasuk dalam pembekuan darah. Vitamin K disebut juga vitamin koagulasi karea bertugas menjaga konsistensi aliran darah dan membekukannya saat diperlukan.Di samping itu, vitamin K juga dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan pemeliharaan ginjal.
Kebanyakan sumber vitamin K di dalam tubuh adalah hasil sintesis bakteri di dalam sistem pncernaan. Vitamin K bisa didapatkan dari  hati, sayur-sayuran berwarna hijau yang berdaun banyak, dan sayuran sejenis kobis (kol). Konsentrasi vitamin K juga tinggi pada susu keledai, teh hijau, serta jenis-jenis makanan probiotik seperti yoghurt. Yoghurt yang menganfung bakteri sehat aktif bisa membantu menstimulasi produksi vitamin K.
Dari jenisnya, vitamin K terbagi pada tiga bentuk berbeda. Vitamin K1 atau phylloquinone adalah jenis yang ditemukan dan dihasilkan tumbuhan. Vitamin K2 atau menaquinone, dihasilan oleh bakteri menguntungkan dalam sistem pencernaan. Vitamin K3 atau menadione adalah vitamin buatan bagi mereka yang tak mampu menyerap dari  makanan. Ketiga vitamin K ini diproses di dalam hati yang nantinya akan memproduksi zat yang dapat membekukan darah. Sedangkan untuk pembentukan tulang, vitamin K1 lebih berperan. Phylloquinone ini diperlukan agar penyerapan kalsium bagi tulang lebih maksimal dan tidak salah sasaran.
Kekurangan vitamin K mengakibatkan darah sulit dan tidak dapat membeku. Kondisi ini dapat menyebabkan penyakit hemoragik atau pendarahan, seperti DBD. Namun demikian, kekurangan vitamin K jarang terjadi karena hampir semua orang bisa memperolehnya dari bakteri dalam usus dan dari makanan. Hanya bayi yang bisa mengalami kekurangan vitamin K karena sisten pencernaan bayi masih steril dan tidak mengandung bakkteri yang mensintesis vitamin K. Sementara, air susu ibu hanya mengandung sedikit vitamin K. Jikalau kekurangan vitamin K terjadi pada dewasa, itu karena kurangnya mengonsumsi sayuran atau terlalu lama mengonsumsi antibiotik.
Kelebihan vitamin K hanya bisa terjadi bila vitamin K diberikan secara berlebihan dalam bentuk sintetik menadion. Adapun gejala kelebihan vitamin K adalah hemolisis sel darah merah, sakit kuning, dan kerusakan pada otak. (berbagai sumber/Nilna Rahmi Isna/Kesmas Unand)

diterbitkan di Tabloid P’Mails edisi 169

4 thoughts on “Vitamin K Baik Untuk Darah dan Tulang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s