Vitamin E Untuk Kesehatan Kulit

181141Vitamin E memiliki peranan sangat penting bagi kesehatan kulit. Vitamin ini meningkatkan elatisitas dan kelembapan kulit, mencegah proses penuaan dini, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet. Vitamin E juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat, peradangan dan pembentukan jaringan parut, serta dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Sangat baik jika vitamin E dikonsumsi secara teratur dan dioles langsung pada kulit sebelum terpapar sinar matahari. Selain untuk kesehatan kulit, vitamin E juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kesuburan, dan meminimalkan resiko kanker dan penyakit jantung koroner
Vitamin E banyak tersedia dalam minyak yang dihasilkan dari biji-bijian, seperti minyak kacang, minyak kulit, gandum, minyak jagung, dan minyak biji bunga matahari. Selain itu, vitamin E juga trdapat pada sayuran hijau, sereal, hati, kuning telur, lemak susu, kacang-kacangan, dan mentega. Akan tetapi, susu dan mentega hanya sedikit dan jarang mengandung vitamin E. Hal ini karena vitamin E mudah rusak oleh panas yang tinggi (proses memasak) dan oksidasi (terpapar oksigen). Untuk manfaat yang lebih baik, selayaknya mengonsumsi sumber vitamin E yang berasal dari makanan segar, mentah, atau makanan yang belum diproses.
Seperti halnya vitamin A, vitamin E juga sebagai antioksidan yang mencegah penyebaran radikal bebas. Vitamin ini merupakan antioksidan biologis yang berfungsi sebagai benteng pertahanan pertama melawan periksoda lipid yang menghasilkan radikal bebas penyebab kerusakan jaringan. Dalam peranannya sebagai anti oksidan, vitamin E mempunyai pengaruh besar terhadap sel, seperti sel darah merah dan sel darah putih yang melewati paru-paru.
Kekurangan vitamin E terjadi ketika kadar vitamin E dalam darah sangat rendah sehingga sel darah merah tersebut dapat terbelah. Kondisi ini dapat berakibat pada sistem syaraf dan otot yang menyebabkan kelemahan, kesulitan berjalan dan nyeri pada otot betis.
Menggunakan vitamin E secara berlebihan juga dapat menimbulkan keracunan. Akan tetapi akibatnya tidak terlalu merugikan seperti kelebihan vitamin A. Dosis tinggi vitamin E menyebabkan sakit kepala, lemah, lelah, pusing dan penglihatan tidak normal. Penggunaan vitamin E yang berasal dari produk-produk kecantikan juga perlu ditanggapi secara cerdas dan cermat. Jangan terlalu tergiur dengan promosi, karena bisa saja bukannya hasil optimal yang didapatkan, melainkan kulit menjadi rusak. Hal ini karena tak sedikit produk-produk trsebut yang mnggunakan vitamin E sintesis yang justru membebani dan meracuni kulit. (Berbagai sumber/Nilna Rahmi Isna/Kesmas Unand)

diterbitkan di Tabloid P’Mails edisi 169

One thought on “Vitamin E Untuk Kesehatan Kulit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s