Vitamin D Penting Untuk Cegah KAnker Payudara

vitamin-dDr Julia A. Knight dari Mount Sinai Hospital, Toronto, melaporkan temuan timnya di Washington, Selasa 4 April 2006, pada pertemuan tahunan American Association for Cancer Research, seperti yang dilansir salah satu situs portal, bahwa pemberian vitamin D dapat mencegah kanker payudara. Dikatakan Knight, dengan mencukupi 25 persen sampai 45 persen pemberian vitamin D selama masa remaja saja sudah dapat mencegah resiko kanker tersebut.
Kecukupan vitamin D dapat diperoleh dengan mengonsumsi minyak ikan cod, hati, ikan, kuning telur, serta susu dan margarin yang telah diperkaya vitamin D. Sementara cahaya matahari dapat menyokong kebutuhan vitamin D di dalam tubuh. Namun demikian, cahaya matahari bukanlah sumber vitamin D. Cahaya matahari hanya membantu tubuh mengubah provitamin D menjadi vitamin D sehingga kebutuhan vitamin D tetap tercukupi.
Dari penelitian Knight didapatkan perbandingan wanita yang mengonsumsi lebih dari sembilan gelas per minggu lebih sedikit terkena resiko kanker payudara dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi kurang dari lima gelas susu per minggu pada usia 20-29 tahun. Begitu juga halnya dengan konsumsi minyak ikan cod selama 10 tahun atau lebih, yang mana berhubungan dengan pengurangan resiko kanker payudara.
Selain mencegah kanker payudara, vitamin D juga menolong darah untuk menghasilkan kalsium dan fosfor yang mana berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi. Konsumsi vitamin D yang kurang berkaitan dengan gangguan tulang. Hal ini karena kekurangan vitamin D juga berarti kekurangan kalsium. Akibatnya tulang akan mengalami ricketsia (tulang cacat), osteoporosis (tulang rapuh), dan osteomalacia (tulang lembut). Biasanya kelainan akan terjadi pada lengan dan tungkai, punggung, torax (rongga dada) dan panggul. Kekurangan vitamin D juga merusak sistem syaraf dan otot, yang menyebabkan kekejangan otot.
Sementara itu, kelebihan vitamin D juga berpengaruh terhadap kesehatan. Vitamin D yang berlebih menyebabkan peningkatan kalsium di dalam darah. Kalsium yang berlebih dapat membentuk batu ginjal. Kadar kalsium yang tinggi juga menyebabkan pembuluh darah mengeras pada hati dan paru-paru. Gejala tambahan apabila keracunan vitamin D adalah kehilangan nafsu makan, sakit kepala, lemah, lelah, lesu, dahaga berlebihan dan sifat mudah marah. (berbagai sumber/Nilna Rahmi Isna/KesmasUnand)

diterbitkan di Tabloid Pmails edisi 169

2 thoughts on “Vitamin D Penting Untuk Cegah KAnker Payudara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s