PSIKM FK Unand Hindari Kesan Ekslusif

Bu Nur Indrawati Lipoeto melepas balon "The 9th Anniversary PSIKM FK UNAND"

Bu Nur Indrawati Lipoeto melepas balon "The 9th Anniversary PSIKM FK UNAND"

Hari ini, 30 November 2008, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (PSIKM) Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK-Unand) genap berusia sembilan tahun. Mengisi rangkaian acara Dies Natalis-nya tersebut, PSIKM melangsungkan berbagai acara dan perlombaan dengan tajuk FRESH alias Friendly Event to Share Our Health. Tak hanya dari lingkungan internal, acara tersebut juga mengundang beberapa perwakilan dari sekolah tinggi kesehatan guna menghindari kesan eksklusif.

Ketua Himpunan Mahasiswa (HIMA) PSIKM Dini Syafitri mengatakan, rangkaian acara ini terkait dengan peringatan hari ulang tahun PSIKM ke-9. Tajuk FRESH diperkuat denagn tema “Fresh Inside Fresh Outside”. “Artinya acara ini tidak hanya untuk lingkungan internal PSIKM. Tapi kita juga membuka kesempatan untuk lembaga lain bergabung memeriahkan acara ini. Dengan cara ini setidaknya kita menghindari kesan eksklusif dari PSIKM,” ungkapnya.

Pembukaan acara tersebut akan dilangsungkan hari ini (30/11). Acara dimulai dengan jalan santai bersama seluruh institusi pendidikan PSIKM dan berakhir pada pelepasan balon “The 9th Anniversary PSIKM FK Unand”. FRESH berlanjut dengan 3 tiga gelombang perlombaan. Yakni, Brain (Ilmiah), kemudian Body (olahraga), dan Behaviour (seni).

“Dalam gelombang Brain dilaksanakan Lomba Cerdas Tangkas (LCT), Poster dengan tema Go Green, Artikel tentang Global Warming, cerpen bertemakan kesehatan, dan PSIKM Award untuk memilih mahasiswa PSIKM yang ‘oke’ di bidang akademik dan non-akademik,” jelas Dini.

Di kategori Body, digelar pertandingan futsal dan voli. Sementara MTQ, akustik, penyuluhan dengan tema Stop Global Warming, foto bertema kesehatan, dan lomba masak sesuai standar gizi, termasuk dalam Behaviour. Rangkaian perlombaan ini akan berakhir pada 24 Desember 2008 sekaligus sebagai acara puncak peringatan hari ulang tahun PSIKM Unand.

Tak hanya PSIKM Award untuk mahasiswa PSIKM, acara ini juga melibatkan seluruh mahasiswa akademi dan sekolah kesehatan di kota Padang. Mulai dari Stikes, Poltekes, Akper, dan Akbid. “Disinilah kita langkah tersebut kita ambil untuk menghindari kesan ekslusif tadi. Kecuali PSIKM Award yang khusus diperuntukkan kepada mahasiswa PSIKM Unand baik dari jalur A maupun jalur B, lomba lainnya boleh diikuti instituti lainnya,” lanjut Dini.

Awalnya, PSIKM hanya menerima mahasiswa tamatan D3 untuk melanjutkan pendidikan ke S1. Kemudian penerimaan ini disebut peneriman jalur B. Lalu, pada tahun 2006, PSIKM yang masih berada di bawah Fakultas Kedokteran ini, membuka penerimaan mahasiswa untuk jalur A, yaitu mahasiswa baru tamatan SMA yang lulus lewat jalur SPMB (sekarang SNM PTN,-red). Kemudian, pada tahun 2008, dibuka dua jalur untuk mahasiswa A, yaitu A1 untuk reguler dan A2 untuk non reguler.(Nilna Rahmi Isna)

Tulisan ini juga ditulis di Koran Padang Ekspres Minggu, 30 November 2008 dan http://www.padangekspres.co.id/content/view/24291/122/

One thought on “PSIKM FK Unand Hindari Kesan Ekslusif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s