Konsumsi Serat Baik Untuk Puasa

Jangan lupa mengonsumsi serat dalam bulan Ramadhan. Karena serat selain mengatasi sembelit dan menurunkan kolesterol, serat juga berperan dalam mengatasi maag, serta memiliki sifat sebagai pembersih yang efektif mengusir bau mulut.
Makanan yang dimakan saat sahur sebaiknya adalah jenis maanan yang kaya serat dan protein. Makanan tinggi serat akan lebih lama dicerna dalam tubuh sehingga proses pengosongan lambung pun akan lebih lama. Makanan kaya serat ini dapay diperoleh dari komplek karbohidrat, sayur-sayuran dan buah-buahan. Komplex karbohidrat itu seperti gandum, cereal, beras merah, roti berserat, dan lain-lain.
Bagi yang menderita penyakit maag. sangat dianjurkan mengonsumsi serat saat sahur dan berbuka. Jenis sayuran yang bisa meringankan nyeri perut akibat sakit tukak lambung ini adalah brokoli dan bawang bombay. Kedua sayuran ini akan menghambat pertumbuhan bakteri Helicobacter pylory yang merupakan penyebab kelainan fungsi lambung.
Disamping itu, serat bersifat sebagai pembersih yang selain membesihkan gigi sehngga mulut tidak bau, juga membersihkan perut.Apalagi, di bulan Ramadhan ini, kita biasa dimanjakan oleh sajian khas bulan piasa yang nikmat dan lezat. Biasanya makanan-makanan ini tinggi lemak dan kolesterol. Untuk menanggulanginya, konsumsilah serat berupa buah dan sayur yang mana sudah terbukti mampu mengikat kolesterol. Sayuran dan buah yang mengandung vitamin C lebih dianjurkan kerena vitamin ini berguna sebagai pengatur keseimbangan kolesterol. So, konsumsilah banyak serat dalam bulan Ramadhan!
(Berbagai sumber/ Nilna Rahmi Isna)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s