Ular Terkecil di Dunia

Pakar biologi evolusi dari Pennsylvania State University AS, S Blair Hedges, menemukan spesies ular terkecil di Barbados, pulau paling timur di kepulauan Karibia. Ular ini diberi nama Leptotyphlops carlae yang diambil dari nama herpetolog Carla Ann Hass yang kebetulan istri Hedges.
Ular ini, seperti yang dikutip dari KCM, memiliki panjang tubuh tak lebih dari 10 cm. Artinya, ukurannya lebih kecil dari cacing tanah. Secara fisiologis maupun genetika, spesies ini berbeda dengan 3.100 jenis ular yang telah ditemukan di seluruh dunia. Rayap dan serangga adalah makanan bagi hewan kecil ini. Tubuhnya berwarna coklat dan tidak beracun.
Hedges menemukan ular ini di balik bebatuan dekat kawasan yang berhutan. Menurut Hedges, ular ini termasuk kelompok ular cacing yang biasa hidup di kawasan tropis.
Leptotyphlops carlae termasuk jenis yang langka dan terancam punah “Ular tersebut mungkin mengalami seleksi alam sehingga hanya yang kecil yang bertahan,” ujar Hedges. Jenis ular ini biasanya hanya menghasilkan satu keturunan sepanjang hidupnya. Namun anehnya, bayi ular kecil ini memiliki ukuran setengah dari panjang ular dewasa.Sebagai perbandingan, bayi ular terbesar di dunia hanya memiliki panjang sepersepuluh ular dewasa. Misalnya, anak king kobra yang hanya sepanjang 36 cm meskipun ular dewasa dapat tumbuh hingga 5,5 meter.
“Fakta bahwa ular tersebut menghasilkan satu telur raksasa, relatif terhadap ukuran induknya, menunjukkan bahwa seleksi alam mencoba menjaga ukuran keturunan di atas batas kritis untuk bertahan hidup,” Hedges menjelaskan. (Sumber:KCM/Nilna Rahmi Isna)

diterbitkan di Tabloid P’Mails edisi 150

2 thoughts on “Ular Terkecil di Dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s