Agar Tubuh Bisa Segar

Sering merasa kelahan dan sakit-sakitan? Itu pertanda bahwa kondisi tubuhmu tidak terjaga. Untuk menjaga tubuh agar tetap bisa menjalani rutinitas sehari-hari, coba deh ikuti tips menjaga metabolisme tubuh berikut ini.
Pertama, jaga pola makan. Makanla dengan teratur : pagi, siang, dan malam. Kalau kamu tidak bisa sarapan bisa digantikan dengan jus buah atau segelas susu. Menu makan siang dianjurkan untuk mengikuti menu Empat Sehat Lima Sempurna. Sebisa mungkin hindari fast food. Juga jangan sampai mengabaikan makan malam.
Kedua, penuhi kebutuhan tidur malam. Kurang tidur tentu membuat kamu mudah lelah, marah, dan sulit berkonsentrasi. Tidur malam yang ideal adalah 9 jam. Bila porsi tidur malam tidak terpenuhi, gantikan dngan istirahat tidur siang.
Ketiga, jangan sampai stres. Stres membuat metabolisme tubuh melemah. Penyakit pun jadi mudah masuk ke dalam tubuh dan memperlambat proses penyembuhan. Luangkan waktu kamu untuk bergaul atau hang out barenga teman-teman. Jadilah seseorang yang selalu diliputi kebahagiaan.
Keempat, Olahraga. Berolahraga uang teratur akan meningkatkan kesegarab tubuh. Lakukan saja olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda bersama sahabat. Lakukanlah dengan penuh canda tawa. Olahraga yang dilakukan dengan terpaksa juga tak bisa berbuah maksimal.
Terakhir, minum air putih. Ini tips yang sering didengung-dengungkan untuk didengar. Minumlah air putih 8 gelas setiap hari. Dua liter air yang dikonsumsi berguna untuk mengatur suhu tubuh, aliran darah dan menyebaran gizi ke seluruh tubuh.
(sumber:tips oke/Nilna Rahmi Isna)

terbit di Tabloid Pmails edisi 150

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s