Tips Belajar yang Keren

Tahun ajaran baru sudah berjalan dua minggu. Teman-teman P’Mailist pastinya kepingin proses belajar yang lebih baik dari sebelumnya. Iya kan?!
Nah, untuk itu, P’Mails akan bagi-bagi tips belajar yang keren. Dijamin deh nilai raport kamu jadi naik. So, Let’s check this out !
1. Kuasai mata pelajaran yang nggak populer. Coba deh, perhatikan sekeliling kamu, kira-kira pelajaran apa yang “nggak begitu” diprioritaskan oleh teman-teman. Misalnya : Kesenian, Olahraga, Agama, atau Bahasa Indonesia. Biasanya, pada pelajaran-pelajaran ini, teman-teman sering abai. Mereka nggak terlalu serius belajar. Hasilnya, nilai mereka pun pas-pasan. Nah, untuk kamu, kuasai mata pelajaran yang nggak populer ini. Jadi, saat nilai teman-teman kamu bernilai cukup, nilai kamu lebih dari cukup alias memuaskan.
2. Kejar nilai untuk mata pelajaran yang kebanyakan “dibenci” oleh teman-teman. Contohnya : Fisika, Kimia, Matematika, atau Ekonomi. Biasanya pada mata pelajaran ini, banyak diantara siswa yang jeblok nilainya. Nah, ini dia kesempatan kamu! Saat teman-teman pasrah dengan nilai ‘pasti rendah’, kamu berjuang untuk nilai ‘pasti tinggi’. Kalaupun pada mata pelajaran ini tetap rendah, ya nggak apa-apa, kan kamu udah berusaha untuk menjadi ‘yang pertama’ pada mata pelajaran tidak populer.
3. Sudah mantap dengan mata pelajaran tidak populer dan yang dibenci, tugas kamu untuk mengejar nilai-nilai pada mata pelajaran populer dan kebanyakan disukai oleh teman-teman. Jangan berhenti berjuang. Belajar keras. Kerjakan semua tugas. Bertanya kepada teman dan guru kalau nggak mengerti.
4. Sekarang persoalan cara belajar. Setiap pribadi tentu memiliki kecendrungan cara belajar, apakah itu visual (dengan melihat), audio (dengan mendengar), ataupun kinetik (dengan mempraktekkan). Di sini, P’Mails menyarankan untuk mencatat ulang di buku tulis atau mengetik ulang catatan ke dalam komputer setiap hari. Tulis dengan bahasa kamu sendiri seakan-akan sedang menulis diary. Dengan ini, semua kecenderungan belajar berjalan seimbang. Siapa tahu, kumpulan catatan ini jadi buku nantinya. Bagi kamu yang punya blog, oke juga tuh untuk posting catatan pelajaran kamu di blog. Kan bisa jadi referensi bagi teman-teman lain yang satu tingkatan sama kamu.  (Nilna Rahmi Isna)

4 thoughts on “Tips Belajar yang Keren

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s