Cacing-cacing Berbahaya yang Hidup di Usus Manusia

Ascaris lumbricoides menyebabkan penyakit yang disebut Askariasis. Mereka hidup di rongga usus halus manusia. Berukuran 10-30 cm untuk cacing jantan dan 22-35 cm untuk cacing betina. Satu cacing betina Ascaris lumbricoides dapat berkembang biak dengan menghasilkan 200.000 telur setiap harinya. Telur cacing ini dapat termakan oleh manusia melalui makanan yang terkontaminasi. Telur ini akan menetas di usus, kemudian berkembang jadi larva menembus dinding usus, lalu masuk ke dalam paru-paru. Masuknya larva ke paru-paru manusia disebut terinfeksi sindroma loeffler. Setelah dewasa, Ascaris lumbricoides akan mendiami usus manusia dan menyerap makanan disana, disamping tumbuh dan berkembang biak. Inilah yang menyebabkan seseorang menderita kurang gizi karena makanan yang masuk diserap terus oleh Ascaris lumbricoides. Di Indonesia, penderita Askariasis didominasi oleh anak-anak. Penyebab penyakit ini bisa karena kurangnya pemakaian jamban keluarga dan kebiasaan memakai tinja sebagai pupuk.

Cacing tambang. Cacing ini memiliki dua jenis yaitu Necator americanus dan Ancylostoma duodenale. Disebut cacing tambang karena dahulunya banyak ditemukan pada buruh tambang di eropa. Necator americanus menyebabkan penyakit nekatoriasis dan Ancylostoma duodenale menyebabkan penyakit ankilostomiasis. Kedua jenis cacing ini banyak menginfeksi orang-orang di sekitar pertambangan dan perkebunan. N. americanus dan A. duodenale hidup di rongga usus halus dengan mulut melekat pada daging dinding usus.

Tubuh Necator americanus mirip huruf S. Panjang cacing betina kurang lebih 1 cm. Setiap satu cacing dapat bertelur 9000 ekor per hari. Sementara itu panjang cacing jantan kurang lebih 0,8 cm. Ancylostoma duodenale lebih mirip dengan huruf C. Setiap ekor Ancylostoma duodenale dapat menghasilkan 28.000 telur per hari.

Telur cacing tambang keluar bersamaan dengan feces. Dalam waktu 1-1,5 hari, telur akan menetas menjadi larva, yang disebut larva rhabditiform. Tiga hari kemudian larva berubah lagi menjadi larva filarifom dimana larva ini dapat menembus kulit kaki dan masuk ke dalam tubuh manusia. Di tubuh manusia, cacing tambang bergerak mengikuti aliran darah, menuju jantung, paru-paru, tenggorokan, kemudian tertelan dan masuk ke dalam usus. Di dalam usus, larva menjadi cacing dewasa yang siap menghisap darah. Setiap ekor cacing N. americanus akan menghilangkan 0,005-1 cc darah per hari sedangkan setiap ekor cacing A. duodenale akan menyebabkan manusia kehilangan 0,08-0,34 cc per hari. Oleh karena itulah, cacing tambang menjadi berbahaya karena dapat menyebabkan anemia pada manusia.

Di Indonesia, insiden akibat cacing tambang tinggi pada daerah pedesaan, terutama perkebunan. Infeksi cacing ini disebabkan oleh kebiasaan masyarakat desa yang BAB di tanah dan pemakaian feces sebagai pupuk. Selain lewat kaki, cacing tambang juga bisa masuk ke tubuh manusia melalui makanan yang masuk ke mulut.

Cacing Cambuk. Dalam bahasa latin cacing cambuk disebut Trichuris trichiura. Nama penyakit yang ditimbulkannya disebut trikuriasis. Cacing cambuk betina berukuran panjang 5 cm dengan ujung ekor membulat dan cacing cambuk jantan memiliki panjang 4 cm dengan ujung ekor melingkar. Cacing ini hidup di usus besar manusia bagian atas. Telur cacing cambuk berukuran 50-54 mikron. Seseorang akan terinfeksi trikuriasis apabila tertelan telurnya. Pada anak-anak, cacing-cacing cambuk dapat ditemukan di seluruh permukaan usus besar dan rectum. Cacing ini juga yang menyebabkan seseorang terkena disentri dan anemia.

Strongyloides stercoralis. Jenis cacing ini membahayakan bagi bayi karena dapat ditularkan melalui ASI. Strongyloides stercoralis hidup pada daerah beriklim tropis dan subtropis. Hanya cacing betina dari jenis cacing ini yang hidup sebagai parasit di usus manusia, terutama di duodenum dan yeyunum. Telurnya menetas di kelenjar usus, kemudian keluar bersama feces dalam bentuk larva rhabditiform. Larva ini akan berubah menjadi larva filariform apabila sudah berada di tanah. Namun demikian, larva filariform bisa juga terbentuk di dalam usus sehingga terjadi infeksi yang disebut autoinfeksi interna. Ada tiga tipe strongiloiddiasis (nama penyakit yang disebabkan Strongyloides stercoralis,-red) yaitu tipe ringan, tipe sedang, dan tipe berat. Tipe ringan tidak memberikan gejala apa-apa. Pada tipe sedang, dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan, umumnya gejala di usus. Jika sudah pada tipe atau infeksi berat, penderita mengalami gangguan hampir di seluruh sistem tubuh sehingga dapat menyebabkan kematian.

Cacing Kremi. Penyakit akibat cacing kremi dikenal dengan Enterobiasis sebagaimana nama latin cacing kremi yaitu Enterobious vermicularis. Penyebaran cacing kremi lebih banyak terjadi pada daerah dengan hawa dingin. Cacing kremi betina berukuran 8-13 mm x 0,44 mm dengan ekor panjang dan runcing sedangkan cacing kremi jantan berukuran 2-5 mm dengan ekor melingkar. Daur hidup cacing ini bekisar antara 2 minggu sampai 2 bulan. Penularan cacing kremi terjadi antar keluarga dan kelompok dalam suatu lingkungan yang sama. Penularannya dipengaruhi oleh debu dan penularan dari mulut ke tangan.

Trichinella spiralis. Cacing ini menyerang usus halus manusia. Bagi orang yang suka mengonsumsi daging babi yang mentah atau kurang matang, kemungkinan untuk menderita penyakit trikiniasis lebih besar. Oleh karena daging babi sebagai pembawanya, trikiniasis jarang mengonfeksi masyarakat dengan penduduk mayoritas muslim. Trichinella spiralis dewasa berbentuk halus seperti rambut. Mereka hidup di dalam usus halus dengan panjang 3-4 mm untuk cacing betina dan 1,5 mm untuk cacing jantan. Larva cacing ini dapat menginfeksi otot sehingga terjadi nyeri otot dan radang otot. Infeksi berat larva Trichinella spiralis, yaitu mengandung lebih dari 5.000 larva per kg bb, dapat menimbulkan kematian dalam jangka waktu 2-3 minggu.

About these ads

82 thoughts on “Cacing-cacing Berbahaya yang Hidup di Usus Manusia

    • iya. di tubuh kita memang ada telur-telur cacing. karena itu lebih baik mencegah daripada mengobati. saat ini sudah ada obat baru isinya mebendazole untuk membunuh semua jenis cacing dalam tubuh manusia

    • iy tuh bnar kata ryan ………….ud gtu enak z cacing tuh makan en isapin darah manusia………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • tidak cukup hanya dengan minum obat cacing. kegiatan pencegahan jauh lebih penting. seperti menjaga kebersihan lingkungan, mencuci tangan sebelum makan, mencuci sayur dengan sangat bersih karena salah satu sumber penularan cacing adalah melalui sayuran

  1. apakah minum obat cacing dpat mencegah penyakit tersebut?

    ———-
    nilna say : meminum obat cacing bukan perilaku mencegah melainkan mengobati. Meminum obat cacing dapat membantu membunuh cacing-cacing yang hidup di tubuh manusia. Perilaku mencegah yang mudah adalah biasakan memakai alas kaki dan mencuci tangan. Semoga bermanfaat! :)

  2. kalau untuk tanaman tradisional unt mencegah cacingan tsb apa????????

    ———-
    nilna say : mungkin pertanyaan yang tepat adalah apa tanaman tradisional yang tepat untuk mengobati cacingan? Untuk ini, klik http://ide-boedie.blogspot.com/2008/07/cara-trdisional-mengatasi-cacingan.html dan http://www.smallcrab.com/kesehatan/25-healthy/305-tanaman-pengusir-cacing . Kedua blog ini memberikan informasi mengenai cara tradisional untuk mengatasi cacingan. Sedangkan untuk mencegah cacingan, cara mudah yang dapat dilakukan adalah membiasakan cuci tangan, memakai alas kaki, memotong kuku secara teratur, mencucisayur2an dan buah2an yang akan dimakan, dan memasak makanan dan minuman hingga matang. Semoga informasi ini bermanfaat.

  3. cacing-cacing apa saja yang dpt mnybabkan anemia????

    ———-
    nilna say : pada dasarnya, setiap cacing dapat menyebabkan anemia karena cacing parasit di tubuh manusia dengan menghisap darah. Cacing yang kini diketahui sebagai penyebab anemia utama adalah cecing dari jenis cacing tambang.

  4. saya mau tanya tolong di jawab
    bagaimana pertumbuhan fisik BALITA yang diberi obat cacing.
    tolong di jawab secepatnya ya……….trims.

    ———-
    nilna say : Hingga saat ini, belum ditemukan efek samping dari obat cacing. Jadi, tidak masalah jika balita diberi obat cacing.

  5. Strongyloides stercoralis.cacing bs menular lewat asi?etiologi ap?at bs jg ibunya dah terinfeksi dulu?ni,da bayi 8bl bln,fesesnya kok spt da benang2 warnanya gelap ada yg panjangnya 1cm ad yg lbh kcl lg,apakah ini yg dimaksud gejala penyakit ini?apa yg hrs dilakukan?mhn petunjuk secepatnya….makasih sebelumnya

  6. iiiih serem bgt……………………………….ternyata ditbh kt ada bnyk bgt cacing …………………..gw ka ntkt yg namanya cacing uuuuuuuuuuuuuiiiiiiiiiiiiiiiiiiii jijik nya

  7. hmmm… sebenernya cacing2 itu ada gunanya ga sih buat tubuh manusia? atau lebih seperti sebuah penyakit yang harus diobati – sehingga pada akhirnya nanti usus kita bersih dari cacing..? bisa tolong ulas lebih lagi tentang cacing tambang? terima kasih.

    • saat ini sudah ada obat cacing yang tinggal kunyah kayak permen. rasa buah lagi jadi enak d. obat tersebut membunuh cacing dalam tubuh manusia & dikeluarkan melalui tinja dalam bentuk yang sudah hancur & tercampur bersama tinja.

  8. Ak liat d wcku ada cacing merah bertanduk dua dan tubuhnya berkaki. Itu jenis apa ya? Mungknkah it dr tubuhku? Bahayakah? Obatnya apa?

  9. cacing adalah hhhewan yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

    sering tidak kita sadari bahwa banyak kegiatan kita sehari-hari dapat menyebabkan penyakit ini.
    sepeti saat Qta bemin bola di lap., bersih2 halaman dll.

    oleh karena itu Qta hrs waspada trhdp cacing……..

  10. td pagi aku BAB dan terdapat cacing berukuran lumayan besar dan panjang dalam keadaan hidup, mengapa bisa keluar? msh adakah cacing lain sebesar itu dalam tubuhku? seberapa bahayakah akibatnya?

  11. saya punya saudara yang menderita serangan cacing keremi,, dia terkadang gak bisa tidur sampai 2-3 hari karena gatal-gatal pada anusnya,, mohon info bagaimana mengobati dan obat apa yang paling manjur untuk mengobati penyakit ini,, perlu juga saya infokan dia sedang mengandung ,, jika mengkonsumsi obat cacing yang dijual bebas apa tidak mempengaruhi dan membahayakan janinnya,,, mohon bantuan dan info….

  12. sekarang di indonesia sudah ada obat yang bisa membunuh Cacing tersebut…….
    nama obatnya adalah VERMOX, kenapa Vermox sangat baik digunakan, karena cara kerja Vermox adalah menghambat aktif glukosa, bekerja 98% di tubuh cacing dan hanya 2% diserap tubuh, disamping itu juga kalau kita mengkonsunsi VERMOX, bukan hanya cacing Dewasa saja yang terbunuh, tetapi telur dan Larva ( anak Cacing tersebut ) juga musnah, dan juga cacing akan hancur,sehingga kita tidak perlu takut cacing akan keluar hidup hidup ( dalam Berbagai kasus , banyak cacing keluar secara utuh karebna salah dalam mengkonsumsi obat cacing ), di samping itu juga VERMOX di akui oleh badan DUNIA ( WHO ).
    VERMOX juga bisa membasmi Cacing Gelang, Cacing Tambang, Cacing Kremi, Dan Cacing Cambuk ( Cacing Cambuk menghisap darah penderita, sehingga penderita bisa mengalami anemia , sedangkan merk lain tidak bisa membunuh cacing cambuk ini)

  13. Kemarin ini saya diberi vermox untuk mengobati ascaris (roundworm) – dari hasil test yg dimana ascaris positif tanpa detail lebih. Tapi dosis yang diberikan 500 mg, 2x sehari selama 3 hari. Setelah saya baca2, ternyata 500mg adalah single dosis. Setelah saya tanyakan kembali, Dokter mengatakan 1 x juga cukup, tapi katanya (sambil tertawa) dia biasa kasi lebih supaya mati semuanya. Atas dasar apa dokter bisa tambah2 dosis? Bukannya jadi over dosis?

  14. Kemarin ini saya diberi vermox untuk mengobati ascaris (roundworm) – dari hasil test yg dimana ascaris positif tanpa detail lebih. Tapi dosis yang diberikan 500 mg, 2x sehari selama 3 hari. Setelah saya baca2, ternyata 500mg adalah single dosis. Setelah saya tanyakan kembali, Dokter mengatakan 1 x juga cukup, tapi katanya (sambil tertawa) dia biasa kasi lebih supaya mati semuanya. Atas dasar apa dokter bisa tambah2 dosis? Bukannya jadi over dosis?

    • Beneran tuh 600 mg 2x sehari selama 3 hai setau aku sih 100 mg 2 x sehari selama 3 hari kalau 500 grm dosis tunggal.

  15. Begini sy br minum obat cacing yg mereknya Combatrin yg 250gram yg sy minum sebanyak 2 tablet apa cukup tidak sementara berat badan saya 90kg dan umur saya 15thn

  16. damn sereeeeeemmmmm bangettttt kayag alien dalam tubuh….

    gw pengen minum tuh obat cacing tapi gw takut nanti dia keluar n gw liat dia gerak gituuu

    arghhhhhh nnnoooooooo

    hmm kira2 kalu minum obat cacing yang model sekarang cacingnya hancur apa engga??

  17. waduh.. ternyata cacing juga beragam jenis ya.. w punya kasus neh. aquarium w klo kelamaan g dikuras suka ada banyak cacingnya pnjang kira2 1 cm, wrnanya putih mirip cacing kremi (kata orang). pa ikan2 w juga trinfeksi cacingan juga.. trz pa obatnya. cz wlaupn udah d kuras klo dah kotor ada banyak cacingnya lagi..

  18. duhh gimana y kira2 hancur gak ya cacingnya untuk obat cacing teknologi sekarang.. beberap hari yang lalu gw beli mebendazole yang seribu an beli lima sekaligus tapi lum gw minum pe sekarang.. itu obat tak kasih kan ke orang-orang terdekat dan tanya hasilnya salah satu dari orang terdekat kasih koment pas pup kuar cacing bareng dengan tinja cacing ada tiga … duhhh bener ga yaaa… mudah2 an aja dia bo ong..

    gara2 ngeri n trauma ama cacing jadi sekarang takut cacing.. dulu gw waktu kecil pernah minum obat cacing di kasih mbah gw pas pup kuar cacing gelang bnyak bet tp kondisi dah pd mati or pingsan gw ga tau, ampe cacing na di tarikin atu2 dari belakang gw..terus malem nya gw tidur paginya ada yang lembek2 di celana dalem bag belakang gw ternyata ada cacing lagi ditarik lagi ama mbah gw.. duhhh gw gak mau deh kejadian kek gitu ke ulang lagi..

    tapi habis itu berat badan gw naik … tapi sekarang kurus lg nh gw..

  19. Ibu Nilna,
    Anak saya laki-laki umur 3 tahun, kata dokter ada cacing di bagian pangkal jari manis sebelah kiri.
    rasanya gatal-gatal dan dokter menganjurkan untuk membunuh cacing itu di tempelkan es atau di tusuk-tusuk pake jarum dan doketer cuma memberikan obat antibiotik saja.

    Pertanyaan saya:
    1. apa penyebab cacing yang ada di jari tangan anak saya?
    2. apa benar dengan menggunakan es tersebut cacing tersebut bisa mati.
    3. apa ada obat yang bisa nyembuhin penyakit tersebut

  20. anakku umur 21bln dah 2 minggu tinjane ada cacingnya msh hdp.cacingnya kecil putih tapi klu mau gerak bulat trs panjang bulat lg.padahal dari pertama dah tak obati kombantrin. td mlm tak priksakan ke dokter anak dikasih obt dah diminum, pg ini BAB ditinjane bnyk cacing hidup, tolong bu kasih jawaban, apa yang harus saya lakukan?

  21. ga siap mental mo minum obat cacing..udah 20 thn ga mnm obat cacing..trakir pas balita..trauma cacingnya kewer2 di pantat smpe ditarikin..pantat gatel skr (ulah kremi nih ya)..jgn2 di dlm perut dah ngumpul empet2an para cacing..alamak..huaaaa baca2 artikel ttg obat cacing byk yg blg cacingnya kliatan pas pub or kluar dr mulut..OMG :| bikin jiper n takuuuuuut..vermox pa combantrin yg bisa bikin cacing mati n ancur n kluarnya ga kliatan pas pub?

  22. emm,,,,aku ne punya ank yg bru brumur 2thn and wktu ank ku tdur pd mlm hri kn gk sengaja aku mau gnti daypers nya,,eh gk tau nya di dekat anus anak ku ada sekawanan cacing kremi dan sy mau tany ni,obat apkh yg mmpu membunuh tue si cacing kremi soalny kasihan sy mlhtny klo udh dia blg Gatal mama,,Gatal mama

  23. hmmm………..ngeriii…….beli obat cacing + minum jamu puaaaaitttt….biar cacing sak telur telur e di dalam mati semua..

  24. kucingku juga ada cacing yang keluar dari pantatnya berwarna putih masih hidup.lalu sama ibuku kucingnya dikasih makan obat cacing.tapi belum tahu hasilnya.apakah nanti cacingnya pada mati ?

    • “Sehat” adalah harta yang sangat berharga, walau kadang kita tidak menyadarinya ketika kita sehat. Setelah kita sakit, baru kita sadari betapa berharganya “sehat” itu. Bayangkan betapa besar dan mahal biaya yang harus kita keluarkan bila jatuh sakit. Kadang puluhan bahkan ratusan juta rupiah habis untuk memulihkan kesehatan. Karena itu jagalah kesehatan Anda sebaik mungkin. Terapkan pola hidup sehat agar kita terhindar dari penyakit berbahaya.

      • Stlah baca comen tmen2 koq aq jd mual ya,, jijai bangeth.. ditenggorokan juga kaya ada ssuatu yg mo keluar nih… hareeeh..
        Jadi inget masa lalu saat cacing mnggelitik dan kluar via tenggorokan..
        hiiiii…

        oya aq mo crita nh, dulu ka2 aq suka sakit prut trus priksa kdokter dan dokter bilang bhawa klo pngen smbuh hrus oprasi biayay 3,5 jt, trus kka priksa kdoktr lain trus disaranin mnum obat ccing, eeh,, ahiry keluar juga tuh sikunyuk. sgede pensil. hrrrrrr…

  25. aku kemarin pas hari raya idul adha (korban), makan daging setengah matang…
    hihihihihi, kalo ada telur cacing gimana?

  26. Artikel yg sangat membantu,
    Saya boleh ty anak sy akhir2 ini susah makan,badanny 4 th hanya 13 kg.sblmnya sk mkn minum susu nyemil tapi masih tetap berat badannya.kadang timbul gatal di anus seperti ada cacing kermi.apa ini juga gejala cacingan yg serius.bgmn yg harus sy lakukan?trima kaaih

  27. Gw benci cacing 30 tahun gw ngga pernah kena cacing baru ini oohhh tidak sekitar seminggu yg lalu gw sakit ulu hati gw nyeri kebakar trus minum obat 3 hari kemudian gw buang air besar wahhh cacing booo udh mati kayanya warna pink lumayan juga aaaaaarrrrrrrggggghhhhh jiji gw taruma lantas gw minum menbendzole 500 mg ighh 3 hari lagikaya lendir gitu dan sedikit darah keluar ktnyanya sih rumahnyaaaaarrrrrrggggghhhhh terussangking traumanya 3hari kemudian gw lari ke Dokter di kasih kagi albendazole 250 mg 2 tablet lsg minum. Sial gara cacing gw ngga bisa makan bahkan minum bahakan kaya di fonis penyakit yg terparah di dunia. Gw inget kyanya gw ada buat bola daging gw masak di microwave cuma 5 menit berhubung buat bakso di mie gw maklum di laur negri bakso ngga ada sokyanya itu penyebabnya daging setenegah mateng yg gw komsumsi terus menerus. Sejaka hari ini aku. Erjanji untuk meminum obat cacing rutin fan sluruh keluarga ku ooohhhh Tuhan tolong aku seras seperti mau mati rasanya…..

  28. hiks ya allah :/
    segitu panjang nya cacing2 itu trs nyerap semua nutrisi aku ><
    gggrrrr
    aku saranin kalo yg gak doyan obat jgn minum kombantrin krna pait,
    minum vermox aja , walau lebih mahal tapi enak

    • masing2 punya resiko, kalo aku baca combantrine kalo cacingnya kepanjangan dia gx bakal hancur keluar dalam bentuk pingsan atau bisa mati tapi kalo vermox bisa menghancurkan cacingnya cuma jeleknya vermox kalo cacingya kebanyakn dia bisa dorong cacing keluar / migrasi lewat mulut hahhahah. Dan aku baca lg minumnya lebih baik malam hari sebelum tidur selama 1x sehari selama 3 hari berturut2.

  29. jadi sakit ni peyut ku.. :(
    tapi kira2 ngebunuh tu cacing2 berbahaya gk ya..?
    soalnya mama q blang klu cacing tu mati smua kta jga bsa meninggal..
    jadi penasaran..pengen ngebunuh,,tapi rada2 takut,,

  30. Pingback: Makalah Parasit Trichuris Trichiura | AsKep dan Laporan Pendahuuan

  31. apakah mungkin ada cacing yang bisa sampai hidup di pembuluh darah?. yang saya idap, bandel bgt. udh ampir 2 bulan. udh konsumsi combantrin berkali-kali, vermox berkali-kali. tetep aja ada. seperti tidak ada wujud cacingnya. tp kerasa banget kl ada gerakan di anus. sy udh test feses rutin, tp negatif telur cacing (ascaris, dll). jd apa yg harus saya lakukan? please reply it too to momyra.08@gmail.com. thankyou very much,…

  32. Gan.. Posting nua membantu banget’..
    Curhat dikit gan, sy dah 4 hari nih gatal di bagian anus, gatalnya nyusahin banget apa lagi di malam hari.. Sy sdh konsumsi obat merk combantrin tp gak mempan.. Sy coba beli di apotik merk vermox 500mg.. Entar malam sy minum.. Klo gak mempan gmn saran nya gan, anus sy smp perih akibat garukan ma colekan :(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s