SADARI Sekarang !

Perlu untuk diketahui, kanker payudara adalah penyakit mematikan kedua pada wanita setelah kanker rahim. Sementara di Sumatera Barat, kanker payudara menduduki posisi pertama. Data dari RS M. Djamil menyebutkan 100 kasus kanker payudara stadium dini setiap tahunnya.
Jika dibandingkan dengan negara-negara di Eropa dan Amerika, kasus kanker payudara tidak begitu memprihatinkan seperti di Indonesia. Mengapa demikian?
Hal ini karena di negara-negara tersebut, penduduknya memiliki kesadaran untuk melakukan deteksi dini. Kanker payudara yang ditemukan pada usia dini lebih mungkin untuk diobati dan disembuhkan. Sementara di Indonesia, kasus kanker payudara ditemukan ketika sudah pada stadium lanjut sehingga penyembuhan sudah sulit dilakukan.
Sesungguhnya, penedeteksian dini kanker payudara sangat mudah dilakukan. Tidak perlu di rumah sakit, cukup melakukan sendiri di rumah. Teknik ini disebut SADARI (Periksa Payudara Sendiri).

Berikut langkah-langkah SADARI :
Berdirilah di depan cermin. Kedua tangan diletakkan di depan payudara dengan siku mengarah ke samping Perhatikan apakah ada kelainan pada payudara. Biasanya kedua payudara tidak sama ukuran dan ketinggiaannya. Perhatikan juga apakah terdapat keriput, lekukan, atau puting susu tertarik ke dalam. Bila terdapat kelainan segeralah pergi ke dokter.
Tekan daerah sekitar puting pelan-pelan, apakah keluar cairan yang tidak biasa (tidak normal). Lakukan gerakan ini pada kedua payudara
Berbaringlah di tempat tidur dan letakkan tangan kiri di bawah kepala. Letakkan sebuah bantal di bawah punggung kiri. Rabalah payudara kanan dengan telapak jari-jari kanan. Periksalah apakah ada benjolan pada payudara dan ketiak kiri. Lakukan hal yang sama pada payudara dan ketiak kanan
Bila terasa ada sebuah benjolan sebesar 1 cm atau lebih, segeralah pergi ke dokter. Konsultasi sebaiknya dilakukan dngan dokter ahli Bedah Tumor. Bila ditemukan kanker tahap dini (kurang dari 1 cm), harus segera dilakukan operasi. Jangan menunda operasi karena berarti member kesempatan pada kanker utuk tumbuh pada tahap yang lebih lanjut sehingga sulit disembuhkan. Makin dini penanganan, semakin besar kemungkinan untuk sembuh secara sempurna. (berbagai sumber/Nilna Rahmi Isna)

10 thoughts on “SADARI Sekarang !

  1. mbak,q udh coba SADARI,
    trz ad benjolan sbsr jrwt krg dr 1cm di payudara knaNQ,ktika dpncet tdk kluar ap2,tp trkdang trasa nyeri,ptg susu trtarik kdlm (ap emg umr 18 taun sperti sya ptg susu msi sprti itu)
    gmn ni mbak,sya tkut..aplge ngmg ma ibu
    Ksi jwbn y mbak,
    thx

    • di payudara kiri saya ada benjolan seperti jerawat,keras, kelihatan dan warnanya coklat,tdk sakit,apa ini yg termasuk salah satu kategori kanker?

      • hmm coba diperiksakan kedokter saja saudari aleya..
        karena terkdang benjolan dipayiudara hanya “limfoma”.limfoma itu pembesaran kelenjar limfe…dan tidak bahaya…

    • coba segera periksakan ke dokter..
      karena ada puting susu yang tertrik kedalam…
      umur 18 tahun itu bnetuk payudara sudah sempurna…
      nanti akan ada pemeriksaan mammography

  2. MBAK, AKU MAU TANYA, AKU IBU DARI 2 ORANG ANAK, DI KETIAK AKU ADA BENJOLAN D SEBALAH KIRI, PUTING SUSU SEBELAH KANAN KALAU D PENCET ADA AIRNYA, TAPI PUTING SUSU AKU TDK MASUK KE DALAM DAN TIDAK KERIPUT D SEKITAR PAYAUDARA, TLG KASIH JAWABAN YA MBAK ?

    THX

  3. Mbak, umur sya 18 thun.
    Pyudra sya trkdang sakit tba2. Apakah it wajar?
    Trus, mbk tdi mengatakn kalo umur 18 thun pyudara sudah sempurna. Sdgkn pting sya ukuranny msh lum bsar. Apakah it wajar bgi saya? Apakah da faktor yg mempengaruhiny?
    Trima ksih

  4. mba, umur q 19thn, saat q m.raba payudara kiri q, terasa ada benjolan, tkdg trasa nyeri2 tp it sangat jarang sekali, ukrn nya pun lebih besar kiri drpd kanan dan q sangat takut akan apa yg tjdi dgn saya, n saya jg takut m.beritahukannya kpd ibu saya, apa itu jg termasuk kanker?

  5. mbk nil….. benjolan di PD itu kelihatan dari luar apa ngk c…. aku bingung saking takutnya akan kangker…… ????? xZ akhir2 ni PD sebelah kanan aku sakittt …….

  6. mba umur saya 17 thn, di puting saya kanan kiri ada benjolan septi jrawat,diketiak saya juga ada, saya takut.ukuran PD saya lebih besar yang kiri, saya bingung, apa ini ada pnyakit berbahaya, tlong dijwab ia mba. mksih..

  7. Mbak saya mau nanya, saya udh dari sd (klo gk salah) puting payudara tertatrik kedalam dan terbelah dua. Trs kadang” payudara sakit kalo dipegang, di putingnya itu kadang” kyk keluar putih” dan kyk ada kulit yg coklat/ bisa dibilang kulitnya beda warnanya sm kulit puting(kulit rada gelap wrnanya) yg lain, trs ukuran payudara saya kecil sejak sd dan sekarang saya udh masuk smk. Apa itu termasuk kanker payudara ya? Oh ya maksudnya benjolan itu, terletak
    puting atau didlmnya ya? Mohon dijawab cepet yaa mbak, makasih sebelumnya.

Leave a Reply

