Jika Terkena Kanker

Saat kita, atau keluarga, sahabat serta orang-orang terdekat diketahui menderita kanker, tentu yang pertama muncul adalah perasaan sedih, panik, stress, dan takut karena harus berhadapan dengan penyakit yang sulit diobati. Penderita pun menjadi stress dan depresi karena merasa tidak dapat disembuhkan lagi Kondisi ini tentu merugikan si pasien sendiri.
Banyak upaya yang dapat dilakukan sendiri oleh penderita kanker untuk memulihkan kondisi tubuhnya. Usaha yang terpenting untuk dilakukan adalah berobat secara medis dan mematuhi nasihat dokter. Kemudian, perbanyaklah berdoa. Terima keberadaan kanker dengan ikhlas dan pikiran positif, percaya penuh bahwa sesungguhnya ada rahasia Tuhan dibalik semua itu. Sesungguhnya doa itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga lebih kuat melawan sel-sel kanker.
Kesedihan yang berlarut-larut hanya akan membuat jiwa tidak stabil yang dapat memacu tubuh menghasilkan zat-zat beracun.
Menderita kanker bukan berarti tak dapat melakukan apa-apa. Tetaplah melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa. Cukupkan istirahat dan jagalah pola makan.
Polusi dan asap rokok sebaiknya dijauhi. Hindari juga sinar matahari yang berlebihan. Sinar matahari dibutuhkan cukup 20 menit sehari pada pagi hari. Lakukan olahraga rutin dan tinggal di lingkungan yang kaya oksigen. Kanker benci dengan oksigen karena ia akan mati merana di dalamnya.
Penderita kanker tetap menjaga semangat di dalam dirinya. Jangan pernah menyerah walaupun harus berjuang melawan kanker selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.
Jika upaya-upaya di atas dilakukan bersamaan dengan pengobatan medis, hasilnya tentu akan lebih optimal. Kemungkinan sembuh akan lebih besar. (Berbagai sumber/Nilna Rahmi Isna)

terbit di tabloid Pmails edisi 143

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s