Aku dalam “55 tahun kiprah Taufiq Ismail dalam sastra Indonesia”

Aku ada dalam acara itu. Aku hadir di antara orang-orang hebat itu. Lebih hebat dari itu, aku dikenal oleh orang-orang hebat itu, baik sebagai Nilna, sebagai reporter Pmails, maupun sebagai anggota Sangar Sastra Pelangi. Aku bangga. Aku sungguh bangga. Aku bangga sebagai Nilna, sebagai reporter P’Mails dan lebih dari itu aku bangga sebagai anggota sanggar sastra Pelangi.

Acara itu bertajuk “Seminar Internasional Taufiq Ismail 55 Tahun Dalam Sastra Indonesia”. Berlangsung di TVRI Sumbar pada Rabu, 28 Mei 2008. Disiarkan langsung oleh TVRI Sumbar. Dihadiri oleh Taufiq Ismail. Diresmikan oleh Gubernur Sumatera Barat, Gamawan Fauzi. Pidato utama oleh Dirjen Dikti Depdiknas Dr. Fasli Jalal, PhD. Pemakalah oleh Darman Moenir, Dr. Ismet Fanany, Dr. Ir. Raudha Thaib, M.P, Dr. Rebecca Fanany,dan Drs. Yulizal Yunus.

Setelah seminar, ada malam baca puisi Taufiq Ismail yang dibawakan oleh sastrawan serta tokoh Sumatera Barat antara lain Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS (Rektor Universitas Andalas), Pof. Dr. Mawardi Effndi, M.A (Rektor Universitas Negeri Padang), Prof. Dr. Sirajuddin Zar, MA (Rektor IAIN Imam Bonjol Padang), Rusli Marzuki Saria, Harris Effendi Thahar, Darman Moenir, Upita Agustine, Gus TF Sakai, Yusrizal KW, Adri Sandra, Iyut Fitra, Yetti AK, dan Sondri BS. Dimeriahkan oleh Grup Pentas Sakral dan Grup Awra Voice. Moderator oleh Wisran Hadi.

Fadli Zon selaku ketua panitia sekaligus redaktur majalah sastra Horison sempat berjanji pada kami, para anggota sanggar sastra pelangi, meluangkan satu edisi halaman Kaki Langit untuk karya-karya kami. Aku bahagia. Benar-benar menguntungkan bisa menjadi bagian dari sanggar sastra ini. Faktanya, sanggar sastra Pelangi telah dikenal luas di kalangan sastrawan Indonesia. Maka, sebuah tanggungjawab moral bagi kami untuk terus menghasilkan karya-karya bernilai.

Ah, sungguh sangat banyak yang mesti aku banggakan pada acara ini. Cuma aku yang bukan siapa-siapa ini sudah speechless. Masih tidak percaya bisa hadir dalam acara besar ini. Sekian!

Baca versi lain dari kisah ini di http://freedomofme.multiply.com dan http://nihaoma.wordpress.com

2 thoughts on “Aku dalam “55 tahun kiprah Taufiq Ismail dalam sastra Indonesia”

Leave a Reply

