STOP ROKOK SEKARANG JUGA!

Dalam suatu penelitian disebutkan bahwa 24,5 persen remaja laki-laki Indonesia adalah perokok. Rokok pun menjadi “penyakit” utama yang dihadapi oleh dunia kesehatan di Indonesia.
Namun yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah kita sudah memberi solusi yang efektif?
Nah, berikut beberapa solusi yang bisa dilaksanakan :
• Naikkan harga rokok
Indonesia dikenal dengan surganya rokok bagi maskapai rokok dunia karena harganya. Harga rokok di Indonesia adalah rokok termurah dari semua harga rokok yang ada di dunia. Di Indonesia cuma Rp. 500 per batang sementara di Amerika $ 10 dan di Singapura berkisar Rp 75.000 per bungkus. Karena mahalnya itu, hanya sedikit minat konsumen untuk mengonsumsinya.

• Bikin Kawasan Bebas Rokok
Pemerintah Indonesia harus membuat perda tentang UU merokok. Kawasan bebas rokok perlu diberlakukan. Bisa dimulai dari komplek perumahan kita saja dulu terapkan bahwa tak ada satupun yang boleh merokok di kawasan komplek ini.
• Carikan Pengganti Rokok
Solusi lain yaitu mencari pengganti rokok. Dapat juga lakukan dengan olahraga secara teratur. Yang ringan-ringan saja seperti jogging. Atau pengganti yang lain seperti permen dan gula merah. Caranya potong kecil-kecil gula merah tersebut dan masukkan dalam kantong plastik untuk dapat dimakan di mana saja dan kapan saja. Gula merah lebih baik karena dapat menambah energi.

• Ikut Kursus atau Organisasi
Peran lingkungan sangat penting. Dimulai dari rumah saja. Jauhkan diri dari lingkungan yang berpotensi aktif rokok. Remaja harus sering-sering mengikuti kegiatan ekstra seperti kursus atau berorganisasi.

• Selektiv dalam memilih teman.
Rokok dianggap dapat memudahkan lancarnya menjalin persahabatan baru, mengakrabkan suasana, menimbulkan persaudaraan ,dan sebagainya. Oleh karena itu, jika ingin berhenti merokok maka carilah teman yang juga ingin berhenti merokok. Bersama-sama mengurangi rokok per harinya, jika biasanya 3 batang per-hari jadikan 2 lalu berangsur-angsur sampai anda tak merokok lagi.

• Berhenti sendiri
Ingin langsung berhenti? Caranya, pilihlah sebuah hari di mana anda akan berhenti. Dan pada hari itu, langsung berhenti total tanpa melakukan tahapan-tahapan. Umumkan rencana Anda kepada orang-orang dekat Anda agar mereka bisa membantu. Namun hal ini tentunya sangat berat bagi yang telah menjadikan rokok sebagai kebiasaannya. Walau bagaimanapun usaha-usaha yang dilakukan tetap harus dengan niat dan komitmen yang sungguh-sungguh. Jadi, niatlah yang harus diperbaiki dulu. Jika niat sudah mantap. Langsung tinggalkan yang namanya rokok. Pasti bisa ! (Suci Amelia Harlen/ SMA N 1 Padang dan Nilna Rahmi Isna)

7 thoughts on “STOP ROKOK SEKARANG JUGA!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s