Aku dan Wisuda Mereka

24 Mei 2008, Pak Imran dan Pak Romi diwisuda. Keduanya itu garin mesjid yang sudah kuanggap kakak sendiri. Aku panggil ‘Pak’ karena dulunya mereka guru ngajiku. Sejak seminggu sebelum wisuda, mereka udah wanti-wanti aku agar hadir dalam acara wisuda itu. Awalnya aku ‘sok jual mahal’. Tapi keduanya merajuk, “Datanglah Nil, buat jadi photographer kita.” Gubrrak….! Ternyata aku ini diundang buat jadi photogafer.

Tapi tak apalah. Memang hobiku motret-motret itu. Tak disuruh pun aku bakalan motret-motret mereka.

Pas hari-H, saya takjub. Keduanya bawa keluarga masing-masing dari kampung. (Ah, itu mah biasa). Tapi keluarga yang datang itu nggak cukup 1 ato 2 tapi sekampung. Keluarga Pak Imran datang 4 mobil. Katanya, 1 mobil keluarga ayah, mobil keluarga ibu, 1 mobil keluarga nenek dari ayah, 1 mobil keluarga nenek dari ibu. Ya AMPUN….! Masih mending Pak Romi, cuma 1 mobil, tapi isinya rame banget. Isi mobilnya mempet-mempet. Ternyata Pak Romi itu 7 orang bersaudara. Parahnya, 7 orang itu cowok semua. Pak Romi anak kedua. Adik pak Romi yang paling kecil masih 1,5 tahun, masih minum ASI. Ck..ck..ck…

Siang hari selama acara wisuda, saya bareng keluarga Pak Romi. Sore hari pas acara jalan-jalan keluarga, saya bareng keluarga Pak Imran. Adil deh…!

Leave a Reply

