SMAN 1 UT, Gelar Festival Nasyid

Harapan SMAN 1 Ulakan Tapakis untuk dapat melahirkan generasi-generasi cerdas, kreatif, optimis dan berjiwa seni islami, tampaknya berhasil dengan digelarnya Festival Nasyid tingkat SMP-SMA se-Sumatera Barat, 11 Mei 2008 lalu. ”Nasyid merupakan salah satu kesenian populer religius. Jadi dengan seni (nasyid) kami mengarahkan siswa kepada karakter reliji. Selain itu, lokasi sekolah yang dekat dengan Makam Syekh Burhanuddin juga menjadi alasan bagi SMAN 1 UT untuk mengangkat festival ini,” ujar Rahmad Mulyadi S.Hum, guru sekaligus sekretaris panitia pelaksana festival nasyid.
Sementara itu, ZuhelfI, S.Pd yang bertindak sebagai wakil ketua panitia serta menjabat sebagai pembina OSIS SMAN 1 UT mengatakan terlaksananya acara ini adalah atas kerjasama OSIS dan guru serta kepala sekolah di SMAN 1 Ulakan Tapakis. Diketuai oleh Drs. Eldazadri, festival yang merupakan program tahunan OSIS SMAN 1 Ulakan Tapakis ini sekaligus dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional serta sebagai acara perpisahan untuk siswa kelas XII SMAN 1 Ulakan Tapakis.
Festival Nasyid dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni, yang disambut tepuk tangan meriah dari para hadirin. Dalam kata sambutannya, Drs. H. Ali Mukhni memuji SMAN 1 Ulakan Tapakis atas digelarnya festival ini. “SMAN 1 Ulakan Tapakis masih muda (3 tahun,-red) sudah bisa melaksanakan lomba nasyid se-Sumatera Barat. Ini patut dicontoh,” ujar beliau. Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 UT, Dra. Rasmawati Josan, mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan sumbangan dari semua pihak demi lancarnya acara ini. “Semoga dapat menjadi motivasi bagi para siswa,” ucap Bu Rasmawati.
Sebagai imbas dari acara, SMAN 1 Ulakan Tapakis memperoleh bantuan 10 juta rupiah untuk pembangunan mushalla dari anggota DPRD Sumbar, Endarmy. Festival Nasyid ini diikuti oleh 16 grup nasyid dari 20 sekolah pilihan yang diundang panitia. Adapun pemenang Festival Nasyid tingkat SMP-SMA se-Sumatera Barat yang diadakan oleh SMAN 1 Ulakan Tapakis ini adalah Juara I : Neo Swaka (SMA PMT Hamka Padang Pariaman), juara II : New Remuska (SMA Kartika Padang), Juara III : Yasmin (SMAN 1 Nan Sabaris Padang Pariaman), Harapan I : Senandung Kalbu (SMAN 4 Padang), Harapan II : Shakira (SMAN 1 Ulakan Tapakis), Harapan III : Cahaya (SMPN 1 Nan Sabaris). Sedangkan gelar Best Vocalist dan Best Aransement diraih oleh grup nasyid Neo Swaka dari SMA PMT Hamka. Khusus untuk Best Vocalist diraih atas nama Abdurrahim. Penilaian ini ditentukan dari tangan tiga juri yaitu Haikal SYID-QA, Ade AIR, dan Alan AGHAVE. (Nilna Rahmi Isna)

ditulis untuk Tabloid Pmails edisi 138

One thought on “SMAN 1 UT, Gelar Festival Nasyid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s