Ngapain Kamu di Hari Kebangkitan Nasional?

Seminggu ini masih aja bengong-bengong di rumah tanpa kerjaan. Waduh, nggak jamannya lagi tuh. Selasa depan udah tanggal 20 Mei 2008, lho ! Sudah seabad sejak hari kebangkitan nasional.
So, tunjukkan baktimu pada negara ! Jadikan even 100 tahun kebangkitan nasional ini sebagai ajang bagi dirimu untuk mengeksplorasi diri dalam rangka meningkatkan rasa cintamu terhadap Indonesia.
Nih, Pmails ngasi tips-tips sederhana tapi oke buat kamu.

Cipta Lagu dan Puisi
Kalau kamu suka musik juga hobi bikin puisi, boleh tuh kamu ciptakan satu puisi yang bernuansa nasionalisme kemudian diaransemen dengan musik beraroma perjuangan. Dengan begitu, secara tak langsung kamu sudah menunjukkan rasa cinta kepada Indonesia. Mana tahu, puisi atau lagu yang kamu ciptakan itu bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi orang-orang di sekitar kamu, khususnya pelajar Indonesia.
Masak masakan tradisional
Coba deh, kamu buka-buka majalah atau koran, lalu temukan resep masakan dari berbagai daerah di Indonesia. Terserah kamu laki-laki atau perempuan, coba aja memasak dan memakan berbagai kuliner nusantara. Kegiatan ini sekaligus buat buktiin betapa beragamnya budaya Indonesia termasuk kulinernya.

Sumbangin Buku buat Panti Asuhan atau Beli dan Baca Buku
Buku adalah jendela dunia. Buku menjadikan kita pintar dan cerdas. Buku yang menjadikan orang-orang Indonesia kuat dan hebat. Kalau kamu punya buku, sumbangin buku kamu buat teman-teman kita di panti asuhan. Nggak sanggup ngerjain sendiri? Lakukan bersama teman-temanmu atau ajukan ke OSIS sekolah.
Jadi Relawan
Jadi relawan apa saja, yang penting ikhlas. Misalnya, menjadi relawan guru di Sekolah Luar Biasa (SLB), jadi guru les gratis buat anak-anak SD di sekitar rumah kamu, jadi relawan di puskesmas atau posyandu, dan lain-lain.

Gerakkan Organisasi Pemuda
Kalau di sekolah ada OSIS, di rumah kamu bisa gabung atau merintis gerakan pemuda. Kegiatannya bisa macam-macam. Syaratnya harus berguna bagi orang-orang di sekitar kamu. Bisa dimulai dengan goro masal se-RT, lalu adakan lomba cipta lagu dan puisi, lanjutkan dengan lomba masak tradisional, kemudian dirikan perpustakaan di RT, beberapa dari kamu bisa menjadi relawan sebagai penanggungjawab perpustakaan, dan lain-lain.
Nah lho, satu ide saja bisa mencakup ide-ide lainnya. Coba deh direnung-renungkan lagi. Ternyata nggak sulit menunjukkan bakti pada negara. Hal-hal kecil dan sederhana pun sudah bisa menampakkan bahwa sesungguhnya kita juga bisa, kita juga cinta, dan kita juga pejuang. Oke, selamat hari kebangkitan nasional !(Nilna Rahmi Isna)

ditulis di Tabloid Pmails edisi 138

2 thoughts on “Ngapain Kamu di Hari Kebangkitan Nasional?

  1. saya di minggu-minggu belakangan ini ngapain ya? saya mendukung habis-habisan tim thomas dan uber. treak-terean di depan teve, apa bisa dibilang nasionalis?
    trus saya baca-baca buku dan belajar buat ujian, apa bisa dibilang nasionalis?
    trus kemarin saya juga menulis tulisan ecek-ecek tentang indonesia apa bisa dibilang nasionalis?

    AYO BANGKIT INDONESIA, AKU CINTA KAMU.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s