Tips Anti Korupsi

Korupsi sudah merajalela nih, baik dari pejabat paling atas sampai paling bawah. Bahkan yang bukan pejabat sekalipun ikut-ikutan melakukan korupsi. Pmailist, jangan sampai deh, kita-kita yang masih muda ini ikut-ikutan melakukan tindak korupsi. Selain merugikan negara kita, juga bikin dosa buat diri kita sendiri, tul nggak?
So, ada sifat-sifat yang perlu kita pupuk agar terhindar dari yang namanya korupsi. Sifat-sifat ini mesti dimulai dari diri sendiri, ya !
1. Tidak menyuap dan tidak melakukan jalan pintas ketika diharuskan melalui prosedur. Misalnya, saat melaksanakan tugas kelompok, tiap anggota kelompok harus benar-benar bekerja, bukan salah satu atau salah dua. Ini namanya mematuhi peraturan. Sikap ini akan menghindarkan kita dari sikap ‘cuek’ ketika mengetahui adanya korupsi.
2. Meninggalkan pola hidup konsumtif alias nggak boros. Rajin-rajinlah menabung. Serta selalu memegang kejujuran. Ini akan mengasah hati nurani kita untuk menolak tindak korupsi.
3. Mengembangkan solidartas sehingga sedikit banyaknya kita telah membantu memperkecil jurang kesenjangan sosial dan secara tak langsung mengerem laju konsumerisme.
4. Kritis terhadap segala bentuk penyelewengan. Karena sekecil apapun tindak penyelewangan itu, dampaknya akan berimbas ke kita, ke semua rakyat Indonesia!
(Nilna Rahmi Isna)

ditulis untuk tabloid Pmails edisi 136

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s