Empat Label Makanan Wajib Tahu

Ada beberapa petunjuk yang wajib diketahui pada label makanan sebagaimana yang dianjurkan FDA (Food and Drug Administration), Amerika Serikat:

Informasi Gizi
Informasi gizi menjelaskan takaran penyajian dan jumlah penyajian per kemasan. Hal ini penting dicermati untuk mengetahui jumlah kandungan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh.

Kadar Kalori
Periksa kadar kalori. Pada kemasan biasanya tertera kadar kalori dan kalori dari lemak. Hal ini menunjukkan berapa banyak energi yang akan dikonsumsi. Terlalu banyak kalori akan meningkatkan berat badan dan resiko kegemukan. Sebagai patokan : 40 kalori tergolong rendah, 100 tergolong sedang, dan 400 tergolong tinggi.

Komposisi Makanan.
Disana akan tercantum apa-apa saja zat pembentuk makanan seperti kandungan lemak, karbohidrat, protein dan vitamin. Terdapat beberapa kategori lemak, yaitu bebas lemak (mengandung 0,5 gram per takaran) dan rendah lemak (kurang lebih 3 gram). Ada juga produk makanan yang tergolong lean (kurang dari 10 gram lemak, 4,5 gram saturated fat, dan tidak lebih dari 95 miligram kolesterol) dan bebas kolesterol (kurang dari 2 miligram kolesterol dan 2 gram saturated fat per takaran).Bila memiliki riwayat sakit jantung dan obesitas maka jumlah kandungan lemak, saturated fat dan kolesterolnya harus rendah. Untuk yang mengidap penyakit darah tinggi, kadar sodiumnya harus rendah.

Nilai Harian
Angka yang tercantum menggunakan persen pada label makanan menunjukkan nilai harian. Nilai harian membantu menentukan besar kandungan dalam satu takaran. Misalnya, kandungan lemak total pada sebuah produk adalah 4 persen, berarti jumlah tersebut merupakan jumlah yang dianjurkan dari 2.000 kalori yang dibutuhkan per hari. Semakin banyak Anda mengonsumsinya, maka semakin besar pula jumlah lemak yang masuk ke dalam tubuh (berarti lebih dari yang dibutuhkan).
(KCM/Nilna Rahmi Isna/Kesehatan Masyarakat UNAND)

ditulis untuk tabloid Pmails edisi 135

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s