Sst, ada ketombe di rambutmu !

Rambut adalah mahkota bagi seseorang. Namun sangat sayang rasanya jika mahkota itu dinodai dengan makhluk bernama ketombe. Waduh, pengen cepat-cepat mengusir ketombe nih !
Tunggu dulu ! Sebelum kamu mengusir ketombe, kenali dulu darimana datangnya ketombe dan apa penyebabnya.
Ketombe adalah sejenis peradangan di kulit kepala karena adanya gangguan kelenjar minyak. Selain itu, ketombe bisa juga disebabkan oleh jamur P.Ovale yang berkembang biak secara berlebihan di kulit kepalamu.
Ketombe menyebabkan kulit kepalamu kering dengan serpihan putih yang berminyak. Atau sebaliknya, kulit kepalamu menjadi berminyak dan bersisik.
Oh iya, ternyata jumlah ketombe di kepala bisa dikendalikan oleh diri kita sendiri, misalnya akibat stres, letih, keramas malam, atau terlalu banyak menggunakan produk rambut. Ketombe juga bisa timbul akibat keseringan mencatok, blok, mengeringkan, atau mewarnai rambut.
Makanan juga berpengaruh lho. Diantara makanan yang menimbulkan ketombe jika dikonsumsi berlebihan adalah makanan pedas, panas, dan berminyak. Ditambah lagi udara yang lembab dapat membuat ketombe betah hidup di rambutmu.
Hmm, ada lagi nih yang sering membuat kita terjebak. Dihindari menggunakan shampo anti ketombe jika rambutmu sudah tidak berletombe lagi. Seseorang yang tak berketombe cenderung malah akan berketombe jika sering menggunakan shampo anti ketombe.
(Berbagai sumber/Nilna Rahmi Isna)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s