Mataku, Matamu, Mata Sehat !

Kadang-kadang terlalu sibuk beraktivitas, membuatmu melupakan kesehatan matamu. Tiba-tiba saja, di pagi hari yang semestinya cerah malah kelabu karena ada lingkaran hitam di sekeliling matamu. Atau tiba-tiba saja kantung matamu membesar. Matamu jadi kelihatan kusam dan tidak bercahaya. Ups, jangan sampai ya. Mata juga butuh perhatian dan perawatan khusus, lho !

1. Minum air putih
Tahukah kamu, bahwa kantung mata itu berisi cairan atau lemak. Jika kantung mata membesar, penyebabnya macam-macam, bisa faktor genetik, dehidrasi atau kurang tidur. Makanya, jangan sampai tubuhmu mengalami dehidrasi. Minumlah air putih delapan gelas setiap hari.
2. Cukupkan waktu tidur.
Kurang tidur juga penyebab utama membesarnya kantung mata. Jangan terlalu sering begadang karena begadang itu yang membuat matamu nggak fresh. Usahakan untuk tetap mendapatkan porsi tidur yang cukup. Jika matamu mulai terasa lelah, pejamkanlah mata beberapa saat.
3. Terapi ‘hijau’ oke juga tuh.
Terapi hijau adalah mengistirahatkan maya sejenak dengan memandangi benda-benda berwarna hijau, misalnya tumbuhan. Cara ini cukup efektif untuk menyegarkan mata kita.
4. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh.
Lemak jenuh bisa hinggap di matamu dan menambah besar kantung mata. Perbanyaklah makanan berserat, seperti sayuran hijau, tomat, dan wortel.
5. Kompres matamu
Kalau kamu sudah lelah beraktivitas, ada baiknya berbaring sejenak sambil mengompres mata dengan kapas yang dibasahi air dingin.
6. Arahkan pandangan ke luar ruangan
Terlalu lama melihat objek yang sama dan dekat, misalnya buku dan komputer, bisa menjenuhkan mata. Sesekali pandanglah objek-objek yang ada di luar ruangan di sela-sela aktivitasmu.
6. Pakai tetes mata
Berhadapan dengan komputer dan ruangan ber-AC seharian juga bisa membuat matamu nggak sehat. Mau lebih praktisnya pakai saja tetes mata. Tetes mata berfungsi membersihkan dan menyegarkan mata.
7. Hindari….
Hindari menggosok mata, jika kelilipan lebih baik dicuci dengan air. Hindari menggunakan rias mata saat matamu sakit. Hindari asap dan sering-seringlah mengedipkan mata untuk mencegah mata tegang.
8. Lindungi….
Lindungi mata dari sinar ultraviolet, debu, angin dan cahaya yang terlalu terang. Antisipasi dengan memakai kacamata hitam.
(Berbagai Sumber/Nilna Rahmi Isna)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s