Saatnya Konsentrasi Belajar !

Ujian UAN buat siswa-siswi kelas 3 sudah diambang pintu. Waktunya bagi kamu-kamu untuk lebih konsentrasi dalam belajar. Jangan malas apalagi menunda-nunda waktu. Berikut ada beberapa tips belajar dari Pmails :
1. Jangan biarkan gangguan itu datang
Biasanya kalau lagi belajar, ada-ada saja gangguan yang datang menghadang. Bentuknya pun bisa macam-macam, misalnya mama yang nyuruh cuci piring, kakak yang ketawa-ketawa di depan televisi, adek yang keluar masuk kamar, hape yang berdering-dering sampai nyamuk yang berseliweran. Kalau sudah begitu bisa-bisa konsentrasi belajar buyar. Maka untuk mengantisipasinya, lakukan terlebih dahulu hal-hal apa yang bisa kamu lakukan sekarang. Contohnya, cuci piring dulu sebelum disuruh mama, tutup pintu kamar rapat-rapat, matikan hape dan pakai obat ant nyamuk. Dengan demikian, kegiatan belajar bisa dengan aman dilakukan.
2. Siapkan jimat
Eits, bukan jimat buat ujian. Tapi jimat untuk menghapal. Selalu siapkan kertas berukuran kecil untuk mencatat point-point penting agar nantinya bisa dibaca sambil menunggu angkot ke sekolah atau sambil menunggu uni kantin menyiapkan soto pesenanmu.
3. Buat target peringatan
Misalnya, hari ini jam sepuluh malam harus selesai membaca buku biologi atau sejarah sebanyak 20 halaman. Jangan asal baca tapi pahami juga ya!
4. Traktir diri sendiri
Setelah serius belajar kamu butuh menenangkan diri. Tetapkanlah traktiran untuk dirimu sendiri. Contohnya, kalau kamu bisa membaca 20 halaman buku biologi sekaligus paham isinya maka malam itu kamu akan makan ice cream coklat porsi besar sendirian.
5. Belajar nggak akan membuat temanmu hilang
Jangan pernah merasa kehilangan teman karena kamu terlalu serius belajar. Teman-temanmu itu tidak akan meninggalkanmu. Kalau mereka meninggalkanmu berarti mereka bukan teman yang baik dan kamu pantas meninggalkannya.

Oke! Semoga tips-tips di atas berguna buat kamu. Pmails doakan deh, semoga yang baca tips ini dan mau melakukannya sukses di ujian nasional, ujian semester, ataupun SPMB. Chayo !
(Detikhot/Nilna Rahmi Isna)

diterbitkan di tabloid Pmails edisi 132

3 thoughts on “Saatnya Konsentrasi Belajar !

  1. Pingback: BRAINVIT

  2. Secara teori berikut cara kerjanya, suplemen otak meningkatkan jumlah neurotransmiter yang tersedia di dalam otak. Hal ini memungkinkan untuk sinyal-sinyal listrik di otak yang akan ditransfer secara lebih efisien.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s