Jadilah Teman Sejati !

Teman sejati susah dicari. Sebelum kamu menemukannya, berusahalah untuk menjadi orang yang akan dicari temanmu itu. Yuk, intip tips Pmails agar dirimu jadi teman sejati berikut ini :

1. Siap menjadi loket curhat bagi temanmu
Dengarkan curhat teman-temanmu. Jadilah penggemar yang baik. Memberikan saran boleh-boleh saja tapi jangan terkesan menggurui. Berikan saran perlahan-lahan dan pastikan temanmu itu mendengarkan.
2. Hey, temanmu itu unik
Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda.Dan temanmu adalah pribadi yang unik dan khas. Cobalah memahami karakternya dan hormatilah pendapatnya. Kadangkala kamu dan temanmu sering berbeda pendapat, itu biasa. Asal jangan tergesa-gesa dalam memutuskan sesuatu.
3. Jaga rahasianya ya !
Peliharalah kepercayaan yang telah diberikan teman kepadamu. Jangan pernah sekali pun mengobral rahasia temanmu pada orang lain. Saling jaga rahasia, anggap saja kalian sedang melakukan permainan yang hanya bisa dimainkan oleh kamu dan temanmu.
4. Jadilah cheerleader pribadinya
Berikan temanmu dukungan, semangat, motivasi dan pujilah dirinya. Terutama di saat ia merasa down dan merasa kesepian.
5. Jangan ngiri dong !
Jangan pernah merasa iri pada teman dekatmu. Kebahagiannya adalah kebahagiaanmu juga. Ikutlah berbahagia bersamanya.
6. Dekat nggak harus kayak ikan sapu-sapu
Tau ikan sapu-sapu? Ikan sapu-sapu itu adalah ikan yang selalu nempel pada ikan lain. Jangan sampai kamu dan temanmu terlalu bergantung sama lain. Berikan pertolongan secukupnya. Jagalah ‘jarak’ yang wajar. Renggangkan sedikit bila pertemananmu terlampau dekat. Sebaliknya, mendekatlah jika kamu merasa pertemananmu sudah semakin renggang.
7. Sisihkan waktu untuknya
Sisakan waktumu untuk refresing bersamanya. Bisa dengan jogging bareng di minggu pagi atau jalan-jalan ke toko buku bersama. Kembangkan sikap torelansi, fleksibilitas, asertiv, empati dan belajar saling memahami.
8. Minta maaf dong !
Jangan ragu apalagi gengsi untuk minta maaf pada temanmu saat kamu melakukan kesalahan, merasa bersalah, atau dianggap salah. Setelah itu berusaha perbaiki kesalahanmu dan lupakan kesalahannya jika ia bersalah.

diterbitkan pada tabloid Pmails edisi 132

One thought on “Jadilah Teman Sejati !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s