Pasar Pakandangan Membludak pada Festival Nasyid

Pakandangan, Padek–Keinginan Dinas Pariwisata Padang Pariaman untuk meningkatkan pariwisata dalam kabupaten tampaknya berhasil dengan diadakannya Festival Nasyid Tingkat Umum se-Sumatera Barat di Pasar Pakandangan 28-29 Maret 2008. Buktinya, festival yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Seni dan Budaya itu sempat membuat segenap warga Padang Pariaman, terutama di sekitar Pasar Pakandangan, “kalua” untuk menyaksikan festival seni yang bernapaskan islam ini. Membludaknya warga tidak hanya berasal dari Padang Pariaman saja tapi juga dari kota Padang, Padang Panjang, Bukittinggi dan Tanah Datar.
Nopen, ibu rumah tangga, yang berkediaman di Pakandangan mengaku senang sekali dengan adanya festival nasyid ini. “Saya suka dengan nyanyi islam, daripada orgen-orgen tunggal saya lebih suka ini apalagi disekitar sini banyak pesantren,” ungkapnya. Ia juga berharap agar festival ini diadakan setiap tahun.
Namun menurut, Asdi, MPd, Kasi Seni dan Budaya Kabupaten Padang Pariaman sekaligus ketua Panitia, festival nasyid ini adalah program tahunan dinas pariwisata yang pelaksanaannya akan digilirkan di tiap kecamatan. “Tahun ini kami memilih pasar Pakandangan, tahun lalu Pauh Kambar, dan tahun depan kecamatan lain,” ujar beliau. Adapun Festival nasyid ini terselenggara berkat kerjasama Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Padang Pariaman dengan Remiska (Remaja Mesjid Pauh Kambar) yang diketuai oleh Rahmat Mulyadi. Di luar itu, festival nasyid ini didukung penuh oleh Pemerintah Daerah Padang Pariaman. Masih menurut, Asdi, MPd, festival nasyid ini disponsori sebagian dari dana APBD dan sebagian lagi dari partisipasi masyarakat.
Selain untuk meningkatkan pariwisata, festival yang diadakan dalam rangka menyambut maulid nabi Muhammad S.A.W ini, juga bertujuan untuk membangkitkan minat remaja mencintai sekaligus melestarikan nasyid, demikian yang diutarakan oleh Kepala Dinas Pariwisata Padang Pariaman, Drs. Yandri Dayan, M.Si. Beliau menambahkan bahwa nasyid juga sebagai alternatif yang efektif untuk mengantisipasi masuknya budaya barat.
Dari segi peserta, acara ini menjadi ajang silaturahmi dan untuk memperkuat ukhuwah sesama munsyid ( musisi nasyid ) yang ada di seluruh Sumatera Barat. Hal ini diangguki oleh Riko Susanto, pelatih grup nasyid New Swaka, dan Khairunnas SHi, pelatih grup nasyid New Remuska. Namun yang menjadi catatan peserta adalah panitia yang tampak kurang profesional dan tidak konsisten dalam pelaksanaan acara. Acara yang molor hingga beberapa jam sempat merugikan peserta terutama yang berada di luar kabupaten Padang Pariaman.
Sebagai saran, Rahmat Mulyadi atau Ajo Anih menyampaikan kritik kepada Asosiasi Nasyid Nusantara Sumbar yang kurang merespon perkembangan nasyid ini khusunya yang nasyid-nasyid yang ada di daerah-daerah. Banyaknya peserta dalam festival ini telah membuktikan bahwa nasyid semakin banyak diminati.
Adapun pemenang Festival Nasyid tingkat Umum se-Sumatera Barat yang terpilih dari 34 peserta grup nasyid adalah Juara I : Insyaf Voice (SMAN 14 Padang) , juara II : New Swaka (SMA PMT Hamka Padang Pariaman) , juara III : TIFA (UNAND) , harapan I : AZKA (Remaja Mesjid Komplek PJKA Padang) , harapan II : New Remuska (SMA Kartika Padang) , harapan III : Bivalvia Junior (SMPN 1 Nan Sabaris) , harapan IV : Yasmin (SMAN 1 Nan Sabaris) , harapan V : Shohubussalam (MAN 2 Padang) , harapan VI : Cahaya (SMPN 1 Nan Sabaris) , harapan VII : New Gema (MAN Lubuk Alung). Sedangkan gelar Best Aransemen dan Best Performance diraih oleh grup nasyid New Swaka dari SMA PMT Hamka. Penilaian ini ditentukan dari tangan tiga juri yaitu Anjar Triyono, Rusli Marzuki, dan Alan. Total hadiah 10 juta 500 ribu rupiah yang diserahkan langsung oleh Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Muslim Kasim, Ak. MM Dt. Sinaro Basa kepada para pemenang.(nilna)

3 thoughts on “Pasar Pakandangan Membludak pada Festival Nasyid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s