Mari Menyantap Lidah Buaya

Selain berkhasiat untuk menyuburkan rambut, tanaman lidah buaya juga dapat mencegah serta mengobati berbagai macam penyakit.
Lidah buaya atau yang dikenal dengan Aloe Vera telah lama dijuluki sebagai medical plant (tanaman obat) atau master healing plant (tanaman penyembuh utama. Diantara bagian tanaman lidah buaya yang umum dimanfaatkan adalah : daun yang biasa digunakan dalam bentuk ekstrak, eksudat (getah daun yang keluar bila dipotong) biasanya digunakan langsung untuk pemeliharaan rambut dan penyembuhan luka, dan gel (bagian berlendir yang diperoleh dengan menyayat bagian dalam daun setelah eksudat dikeluarkan) yang dapat digunakan sebagai minuman diet.
Lidah buaya juga banyak mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh diantaranya antioksidan yang berguna untuk mencegah penuaan dini, serangan jantung dan berbagai penyakit degeneratif. Juga jus daun lidah buaya sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit. Dalam beberapa penelitian diperoleh hasil bahwa gel lidah buaya dibuktikan paling berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan luka. Penggunaan daun ini dapat dengan cara diminum atau dioleskan langsung ke kulit.
Publikasi pada Journal of Dermatolagic Surgery and Oncology, seperti yang dikutip dari situs Depkes, juga menunjukkan bahwa lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan pasca operasi. Gel lidah buaya juga dapat digunakan untuk campuran krim facial penyembuhan jerawat. Campuran krim facial dengan gel aloe dapat menyembuhkan jerawat, 72 jam lebih cepat dibandingkan kelompok tanpa aloe. Lainnya menyebutkan bahwa lidah buaya dapat mencegah kerusakan kuit akibat sinar serta dapat menyembuhkan penyakit psoriasis (sejenis penyakit kulit mirip ketombe).
Tak hanya sebagai obat, lidah buaya juga nikmat bila diolah menjadi makanan dan minuman. Diantara produk olahan Aloe Vera adalah jeli Aloe, jus Aloe, nata de Aloe, dodol, selai, dan lain-lain. Kegunaan makanan dan minuman yang mengandung lidah buaya ini sangat berkhasiat untuk cacingan, susah kencing, susah buang air besar (sembelit), batuk, radang tenggorokan, diabetes melitus dan penyakit jantung koroner. Tak sampai disitu saja, produk berbahan mentah aloe vera ini juga memiliki khasiat sebagai hepatoproktetor (pelindung hati), imunomodulator (pembangkit sistem kekebalan), dan penurun kolesterol.
Nah, mengingat begitu banyaknya kegunaan dari lidah buaya ini, nggak ada salahnya kalau kita membudidayakan Aloe Vera di halaman rumah kita serta memasukkan produk olahannya ke dalam pola makan sehari-hari. (Nilna Rahmi Isna)

diterbitkan di tabloid Pmails edisi 131

2 thoughts on “Mari Menyantap Lidah Buaya

  1. salam kenal
    saya berniat meneliti aloe vera sebagai tugas akhir
    saya kesilutan mencari literaratur, mohon bantuannya ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s