Serba-serbi Minuman

Apa menu minumanmu pagi ini? Teh, susu, atau kopi? Tahukah kamu letak kenikmatan dan khasiat suatu minuman sangat tergantung dengan cara penyeduhannya?

Teh.
Untuk memperoleh khasiat terbaik dari teh, cucilah daun teh dengan menuangkan air panas secukupnya pada seduhan pertama kemudian digojog beberapa saat sebelum airnya dibuang. Hal ini dilakukan untuk membuang debu yang masih menempel pada teh.
Hindari menggunakan air yang baru saja mendidih untuk menyeduh teh. Diamkan air mendidih terlebih dahulu. Suhu air paling baik untuk teh berkisar 80 – 90 derajat Celsius. Lebih tinggi dari itu akan merusak kandungan antioksidan teh. Minumlah segera setelah diseduh. Hindari menyimpan teh yang sudah diseduh lebih dari 24 jam. Teh yang disimpan terlalu lama bakal bikin diare. Untuk menyimpanan daun teh, simpanlah dalam wadah tertutup agar aromanya tetap terjaga dengan baik.

Susu.
Susu yang baik adalah susu yang mengandung probiotik. Probiotik adalah salah satu bakteri baik dalam usus yang berfungsi menghasilkan antibiotika alami untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
Seduhlah susu menggunakan air matang dengan suhu 45 derajat Celsius. Air yang terlalu panas hanya akan mengurangi atau bahkan membunuh probiotik hidup. Namun, jika kamu masih ingin meminum susu hangat, seduhlah susu dengan air dingin sebelumnya. Seduh dengan volume air setengah dari gelas, setengah berikutnya campurkan dengan air panas. Dengan demikian kandungan probiotik tidak mati karena telah dihomogenkan dengan air dingin terlebih dahulu. Sebaiknya susu diminum tidak lebih dari satu jam setelah siap saji. Dan jangan menyimpan susu dalam lemari es!

Kopi.
Tahukah kamu ada dua jenis kopi di pasaran. Yakni, arabika dan robusta. Robusta memiliki biji yang berbentuk bulat dan bergaris tengah lurus. Sedangkan jenis arabika berbentuk lonjong dan bergaris tengah bergelombang. Harga Arabika lebih mahal dari Robusta karena kandungan kafein arabika lebih rendah dari robusta. Arabika mengandung 1,0 – 1,7 persen kafein. Sedangkan robusta mengandung 2,8 – 4,0 persen kafein. Lantaran harganya lebih murah dan kadar kafeinnya tinggi, kopi robusta banyak digunakan untuk produk kopi instan.
Selain biji, kualitas kopi juga dintentukan oleh bagaimana kopi itu disimpan.Bila kamu membeli kopi, pilihlah kopi yang dikemas dalam bungkus yang kedap udara dan tidak tembus pandang. Perlu diingat, bahwa musuh utama kopi adalah udara dan cahaya.
Untuk penyajian, seduhlah sesendoh teh bubuk kopi dengan air panas. Air panas yang dimaksud disini adalah gelembung pertama didihan air. Artinya, air tersebut tidak terlalu lama mendidih di atas api kompor. Tapi bila air terlanjur lama mendidih, diamkanlah selama dua menit sebelum diseduh dengan kopi.
Saran lainnya, jangan langsung meminum kopi yang baru diaduk dalam cangkir. Agar benar-benar nikmat waktu diminum, kopi yang telah diseduh itu harus diminum dalam jangka waktu 30 menit setelah dihidangkan.
Nah, apakah kamu telah meminum minuman sehat dan berkhasiat, serta tentunya nikmat pagi ini? (Sehat/Nilna Rahmi Isna)

diterbitkan tabloid Pmails edisi 127, 02 -08 Maret 2008

One thought on “Serba-serbi Minuman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s