Menjaga Sayur Segar Lebih Lama

Ternyata menyimpan sayur-sayuran dan buah-buahan di kulkas tidak selalu menjamin sayur dan buah tersebut awet dan tetap segar. Bahkan ada yang lebih cepat busuk dalam kulkas.
Diantara buah-buahan yang tak boleh disimpan di kulkas adalah mangga, alpukat, dan pisang. Sedangkan aprikot, peach dan pir harus dipisahkan dari makanan lain jika disimpan di dalam kulkas. Hal ini karena ketiga buah-buahan tersebut mengeluarkan gas alami yang menyebabkan buah dan sayuran di dekatnya lebih cepat matang. Sayuran yang juga harus dipisahkan adalah brokoli, kembang kol, timun dan wortel karena jenis sayuran ini cepat membusuk sehingga akan mempengaruhi buah dan sayuran di dekatnya.
Apabila menyimpan rempah-rempah di dalam kulkas, keluarkanlah rempah-rempah itu dari kemasannya terlebih dahulu. Kemudian gulung dengan tisu dapur yang telah diperciki air. Lalu lapisi dengan plastik pembungkus makanan.
Jangan menggunakan aluminium foil untuk membungkus makanan berkadar asam tinggi, seperti tomat iris, jeruk dan sawi. Aluminium dapat mempengaruhi rasa buah dan sayuran tersebut.
Untuk penyimpanan lebih lama, awet dan segar, saat dimasukkan ke kulkas, sebaiknya dimasukkan dulu ke kantong plastik yang mengandung sinar infra merah. Plastik tersebut berfungsi menekan keluarnya gas ethylen yang menyebabkan makanan cepat membusuk. (Idionline/Nilna Rahmi Isna)

diterbitkan oleh tabloid Pmails edisi 124, 10 – 16 Februari 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s