Melirik PMT Hamka, -2

UTAMAKAN PENGUASAAN AKTIF BAHASA ASING

PMT Prof. Dr. Hamka dengan segala aktifitas dan fasilitasnya memang tipe sarana pendidikan yang ideal. Tidak hanya belajar umum tapi juga pendalaman agama Islam yang benar-benar diterapkan di sekolah ini. Lingkungan yang asri pun menambah nilai plus PMT Prof. Dr. Hamka sebagai lembaga pendidikan yang mengutamakan kognitif dan afektif.
SMP dan SMA PMT Prof. Dr. Hamka memiliki 20 ruang belajar yang dilengkapi dengan mesjid, laboraturium, perpustakaan, ruang ekstrakulikuler, ruang multimedia, ruang kaligrafi, lapangan olahraga (blola kaki, bola volly, tenis meja, basket, badminton), dan klinik kesehatan. Pesantren ini juga memiliki koperasi, mini market, wartel, kantor Kas Pembantu Bank BPD, dan Barber Shop (Pangkas Rambut).
Untuk asrama siswa, terdapat sembilan gedung berkapasitas 800 santri dengan sembilan kamar. Masing-masing kamar dihuni 25-40 santri. Bangunan itu khusus disediakan untuk siswa SMP.
Sedangkan pada gedung bertingkat, terdapat 32 kamar. Maksimal, enam santri jadi penghuninya. Selain itu pelajar, SMA menempati 2 kamar yaitu kamar kelas X dan XII. Siswa kelas XI semuanya menjadi penggerak organisasi sehingga mereka menempati kamar yang ditunjuk oleh pembina. Mess tamu juga tersedia, meski dalam tahap penyempurnaan.
Per kamar dibina oleh seorang tenaga pembina yang ahli dalam kependidikan dan keislaman. Wali Kamar dibantu oleh dua orang mudabbir. Mudabbir ini siswa yang mempunyai tugas pokok membantu dan mengayomi teman sekamarnya dalam berbagai kegiatan keasramaan. Selain bertugas sebagai pengajar, Ustad Pembina Kamar juga bertugas sebagai orangtua dari santri-santri yang dibinanya.
Aktifitas asrama PMT Prof. Dr. Hamka dimulai dari pukul 4 pagi. Pada jam tersebut, siswa telah bangun untuk mempersiapkan salat subuh. Setelah salat subuh diadakan muratthal (baca cepat versi orang Arab) dan hafalan ayat Al-Quran. Hal yang sama juga dilakukan setelah salat magrib. Pendidikan ekstra asrama dimulai setelah salat isya yang terdiri dari pendalaman bahasa Arab, Inggris, Jepang, Ibadah, dan Akhlak. Khusus kamis, dilaksanakan muhadharah (latihan khotbah dan pidato). Setiap hari di asrama diakhiri pada pukul 10 malam untuk istirahat tidur.
Dalam keseharian, setiap siswa di pesantren, diwajibkan berbahasa nasional dan diutamakan penguasaan aktif bahasa Arab dan Inggris. Hampir setiap kegiatan dilaksanakan dengan komunikasi Arab-Inggris baik sesama siswa maupun siswa dan guru. Aturan ini nyata dilaksanakan karena memang ketika redaksi P’Mails berkunjung ke PMT Hamka, salah satu siswa menyampaikan pengumuman kepada teman-temannya lewat bahasa Arab dan Inggris fasih. “Begitu juga dengan berita kehilangan, manggil teman, ada wali yang datang, dll,” Efri Nurdin, alumni 07.
Kegiatan asrama lainnya meliputi latihan kepemimpinan, latihan kemandirian, serta membiasakan hidup bersih dan sehat. Disiplin pun diterapkan dengan sangat rapi di pesantren ini. Apabila ada salah satu siswa yang melanggar peraturan maka barbershop (tempat pangkas rambut) siap menerima dan menggunduli siswa-siswa yang dicap nakal itu.
Adapun organisasi yang aktif di pesantren ini adalah OPPH (Organisasi Pelajar Pesantren Hamka) dan OSIS. OPPH mirip dengan OSIS namun lebih banyak melaksanakan kegiatan dibanding OSIS. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan OPPH biasanya menyangkut hari besar Islam dan kegiatan islami lainnya. Kegiatan OPPH terakhir adalah Masquerade (dikutip dari acara terkenal stasiun televisi Jepang) yang dilaksanakan dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1429 H kemarin. (Nilna Rahmi Isna)

diterbitkan oleh tabloid Pmails edisi 124. 10 – 16 Februari 2008

One thought on “Melirik PMT Hamka, -2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s