Sambut Tahun Baru Hijriah dengan Muhasabah

Guna menyambut dan memeriahkan tahun baru Islam yang bertepatan pada kamis (10/1) lalu, Ikatan Remaja Mesjid Baitul Huda mengadakan acara zikir dan muhasabah setelah sholat Isya berjamaah yang dipandu oleh Indra Jaya, SH. Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-quran oleh Redo Anggrea Putra dan saritilawah oleh Rahmatika Alfi. Sebelum ceramah agama dan muhasabah, remaja menyuguhkan hiburan berupa penampilan Asmaul Husna, Nasyid akustik remaja, serta musikalisasi puisi dakwah.
Acara menyambut 1 Muharam ini sepenhnya dilaksanakan oleh remaja yang berada di lingkungan Mesjid Baitul Huda, tepatnya di Komplek Talago Permai kelurahan Alai Parak Kopi. Suksesnya acara ini juga didukung oleh partisipasi dari ketua pengurus mesjid, ketua RT, ketua RW, dan seluruh jemaah Mesjid Baitul Huda.
Syahrial, selaku pembina remaja mesjid, mengharapkan agar kegiatan-kegiatan seperti ini berlanjut hingga ke depannya. “Kami ingin melihat remaja yang sekarang bertindak,” ucap beliau di sela-sela rapat, seminggu sebelum hari H. Drs. Indra Jaya selaku jemaah mesjid juga mendukung sepenuhnya pergerakan remaja ini. “Inilah saatnya bagi kalian untuk saling berkumpul dan saling bersilaturahmi,” ucap Pak In yang juga merangkap sebagai pelatih dan pembimbing kegiatan ini.
Ketua pelaksana acara 1 Muharam 1429 H, Arfin Adrian, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah membantu jalannya kegiatan ini. “Jujur saja, kami sebagai remaja, seharusnya malu jika tidak melakukan apa-apa.Maka, lewat acara menyambut dan memeriahkan tahun baru Islam 1429 Hijriah inilah, kami sebagai remaja ingin memberikan dan menunjukkan sumbangsih kaum muda lewat pemikiran dan ide-ide kreatif kami dalam membangun peradaban,” tuturnya. Arfin juga mengajak remaja lainnya agar segera bangkit. “Kita buktikan bahwa remaja adalah generasi yang kreatif, berpandangan luas, inovatif, bergerak dan berpikiran dewasa. Kita boleh muda namun pemikiran harus dewasa,” lanjutnya.
Terakhir, remaja mesjid Baitul Huda mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan tahun baru Islam sebagai momen untuk muhasabah,introspeksi dan evaluasi diri tentang apa yang telah kita lakukan di tahun kemarin dan sebagai momen untuk merancang kehidupan kita menjadi lebih baik lagi di tahun baru ini. (Nilna Rahmi Isna)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s