Jangan Stres Nanti Berjerawat

Jerawat itu menyebalkan. Soalnya, mengurangi kehalusan dan keindahan kulit wajah kita. Ini bikin kita yang jerawatan, sering merasa minder atau malu.
Umumnya jerawat menimpa seseorang pada usia remaja dalam rentang 12-20 tahun. Karena pada usia-usia tersebut aktivitas hormon androgen yang memproduksi minyak meningkat cepat. Bila produksi hormon androgen meningkat, terjadi penyumbatan dan penimbunan minyak. Biasanya minyak tersebut telah tercampur dan terkontaminasi bakteri sehingga timbunan minyak ini menimbulkan pembengkakan. Pembengkakan inilah yang menjadi jerawat di permukaankulit. Makanya, orang dengan kulit berminyak lebih rentan diserang jerawat.
Beberapa faktor lain yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah kontaminasi bakteri dan zat-zat kimia tertentu. Zat-zat kimia itu bisa berupa sabun dan make up yang tidak cocok untuk kulit wajah. Jerawat bisa juga ditimbulkan oleh alergi obat. Selain itu, cuaca yang panas dan faktor keturunan juga merupakan salah satu indikator munculnya jerawat. Selain itu tekanan psikologis atau stres juga bisa jadi pemicu.
Orang bilang, jangan makan kacang, nanti berjerawat. Hal ini benar adanya. Karena kacang-kacangan banyak mengandung lemak dan bersifat merangsang aktivitas lemak. Makanan lain yang dapat memperburuk keadaan jerawat antara lain udang, ayam, cokelat, es krim, susu, keju, daging bergajih dan gula berlebihan serta makanan berminyak. Itu sebabnya orang yang berjerawat dianjurkan untuk tidak makan kacang, udang, es krim, dan lain-lain.(Sehat/Nilna Rahmi Isna)

diterbitkan oleh tabloid Pmails edisi 119, 05 – 12 Januari 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s