Salah Satu Contoh Nyata Kebodohanku

Bodoh sekali

Saya benar-benar tak berbakat mencontek rupanya.
Bahkan untuk hal-hal yang sebenarnya umum.
Oke,
Saya ceritakan saja hal memalukan ini.

Pada catatan bulan November tanggal 30 tahun 2007, saya menuliskan judul ”Love is a Sweet Tornament”, maksudnya ’Cinta adalah siksaan mengasyikkan’ jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Harusnya saya menuliskan ”Love is a Sweet Torment”, sederet kata yang saya contek dari novel Ayat-ayat Cinta.
Torment bukan Tornament. Saya membuat kesalahan fatal dan memalukan. Saya rasa, saya menuliskan tornament ketika itu karena masih dibayang-bayangi oleh TURNAMEN futsal PSIKM yang kalah 0-5.
Haha…, bodoh sekali.
Tapi saya bersyukur, karena setidaknya saya tahu bahwa ayah, ibu, kakek, nenek, tante, om, moyang-moyang dan keturunan-keturunan saya memang tidak ahli ataupun berbakat mencontek. Toh, saya sendiri sama sekali tolol dalam hal itu (mencontek,-red).
[ Astaghfirullahalazim, kamu masih membela diri, Nilna? ]

The problem is…..

Maksud saya,
Masalahnya adalah…..
File-file catatan itu telah saya copi-kan ke seorang teman, Efri. Apa reaksinya jika membaca judul yang saya tulis? Mungkin dia akan menafsirkan kalimat itu menjadi ’Cinta adalah Turnamen yang Manis’. Ha… haha.
Eh, bisa juga kan? Cinta bisa saja menjadi turnamen yang manis. Memperebutkan kekasih dengan wanita lain yang suka makan gulali, misalnya. Tapi, apa iya bahasa inggris dari TURNAMEN adalah tornament? He… Akhirnya saya sadar bahwa saya ini memang pengarang sejati, benar-benar ngarang. Ck…ck…ck….

Satu lagi, benarkah kalimat yang saya tulis diatas : The Problem is…. , adalah bahasa Inggris dari : Masalahnya adalah….
Mana tau ada kesalahan lagi ?

Saya jadi ingat kisah dua tahun lalu, seseorang dari negeri seberang mengirimkan sms padaku : waktu lihat km.. ga th knp perasaan ini cuma 1 mcm kesetrum, what this love?
Hahaha…. Saya tertawa jungkir balik jumpalitan membacanya. What this love?. Saya mengerti, pasti yang dia maksud adalah Apakah ini cinta? Tapi dia salah menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Dia menerjemahkan kata-kata itu mentah-mentah dengan kamus :

Apakah = What ,Ini =This ,Cinta = Love.

Apakah ini cinta = What this love?

Waktu itu saya tertawa ngakak di kamar, sampai-sampai bantal yang aku punya marasai saya pukul-pukul, bahkan kalau tidak salah air mata saya mengalir saking ngakaknya. Harusnya saya tidak melakukan itu. Orang yang menulisnya pasti telah susah payah mencari kata-kata untuk dikirimkannya pada saya. Atau jika dia tidak bersusah-susah mencari kata, saya pikir dia resah dan (juga) susah mengirimkan sms cinta seperti itu. Tapi apa reaksi saya? Ah, saya ini jahat sekali. Padahal jarang-jarang ada orang yang mengatakan sukanya pada saya.
Ps: Untuk ’kamu’ yang ketika itu mengirimkan sms demikian, maafkanlah saya yang kurang ajar ini.

Lagipula, dia masih beradab, sopan, dan pintar daripada saya. Mungkin dia menuliskan kalimat itu setelah benar-benar menerjemahkan kata-katanya satu per satu dengan kamus, atau dia berusaha bertanya pada teman yang sama begonya, atau dia berpikir sendiri. Sedangkan saya, sudahlah mencontek, salah lagi. Yang saya contek pun sebuah buku yang tentunya tidak akan marah jika dicontek sederet kata-katanya. [Astaghfirullahalazim, ampuni aku ya Allah, yang telah mencontek dengan biadab dan tolol ini ]
Mungkin kejadian Love is a sweet torment berubah menjadi Love is a sweet tornament ini merupakan semacam karma bagi saya karena perbuatan saya menyangkut What this love itu.
Ps buat Efri, temanku yang menjadi saksi ketololanku : Jika kamu tertawa ngakak membaca judul itu, saya sudah siap dengan itu. Pun jika kamu mempermasalahkannya di kelas dan menyebarkan ketololanku di depan teman-teman, saya pun tak bermasalah dengan itu. Toh, tanpa disebarkan pun, saya telah menyebarkannya sendiri di blog ini. Hehe. Mungkin benar ini karma. Haha. Saya jadi tertawa sendiri karenanya (malu sebenarnya)..

2 thoughts on “Salah Satu Contoh Nyata Kebodohanku

  1. hahaha..benar benar ngarang tuh…suwer..aku ngakak lho bacanya…eh, ini postingan kapan sih…tapi oke x ini..i like it (bener g sih bahasa inggrisku?) halah…

Leave a Reply

