Pendidikan Dokter dalam Organisasi-2, habis

Sore tadi rapat rapat konsolidasi III WSJC (West Sumatera Jurnalistic Course) Broca FK Unand. Mengecewakan, menurut saya. Masih banyak tugas-tugas yang belum terselesaikan. Padahal waktu acara tinggal menghitung jari, tinggal tiga hari lagi. Spanduk belum dipasang, sponsor baru dapat tiga, perlengkapan dan dekor masih belum jelas, pemateri kurang satu, pamflet belum tersebar merata, dan yang paling utama adalah dana belum memadai dan peserta yang mendaftar baru satu orang.

Saya pesimis. Dengan persiapan yang belum matang seperti ini, saya berpikir sebaiknya acara ini diundur saja.

Dalam rapat tadi, saya lebih banyak bungkam, meskipun ada satu-dua kalimat yang terpaksa saya keluarkan. Tidak semangat saja rasanya. Seakan acara ini tidak berjalan sukses sebagaimana mestinya.

Tapi,

Yup, ada tapi-nya.

Di akhir rapat, kak Feni mengeluarkan kata-kata yang sebenarnya biasa namun membangkitkan semangat saya. Kira-kira kak Feni bilang gini, ”Terakhir, salut! Kakak salut kepada seluruh panitia terutama dari 07 atas kerja kerasnya. Walaupun kalian baru tapi kalian dapat menunjukkan eksistensi kalian. Terima kasih banyak. Dan sekali lagi salut. Dua jempol untuk kalian bahkan dua jempol pun tak cukup diberikan atas kerja keras kalian.”

Sekilas terdengar seperti basa-basi. Pun jika dihitung-hitung saya bukanlah orang yang akan mendapatkan jempol dari kak Feni. Tapi entah kenapa saya merasa mendapat energi penggerak. Saya yang tadinya pesimis, di akhir rapat malah berubah optimis. Dalam hati saya ucapkan berulang-ulang, ”Insya Allah sukses, Insya Allah sukses”.

Awalnya saya agak kurang percayaan kepada mahasiswa pendidikan dokter, terkait dengan kejadian pada rapat konsolidasi-2. Tapi akhirnya saya dapat menolerir mereka. Saya pun mengakui kesalahan bahwa bisa jadi saya tidak hadir rapat karena sesuatu dan lain hal.

Karena itu, pandangan saya sedikit berubah. Secercah optimisme mencuat bercahaya di hati saya. Semoga WSJC berjalan lancar dan sukses. Amiin.

Kita lihat nanti!

Leave a Reply

