Pelajar Mentawai Berkunjung ke Redaksi Pmails

Sekitar 16 pelajar asal mentawai berkunjung ke redaksi Pmails (29/11). Kunjungan ini merupakan rangkaian pelatihan jurnalistik yang diadakan Tabloid Puailiggoubat, tabloid dari daerah Mentawai. Pelatihan yang diadakan dalam dua hari ini dirasakan penting bagi ke-16 pelajar ini untuk mengenal dunia jurnalistik lebih dekat. Pasalnya, selama ini mereka hanya bergaul dengan mading sekolah. Di samping itu, pelatihan ini diadakan dalam rangka enam tahun  terbitnya Tabloid Puailiggoubat.
Keenam belas peserta pelatihan jurnalistik itu adalad 10 orang dari SMA 1 Siberut Selatan, 5 orang dari SMAN 1 Pagai Utara Selatan dan satu orang anak Mentawai yang bersekolah di Padang, yaitu di SMA Pertiwi 2 Padang.  Peserta dipilih oleh guru berdasarkan keaktifan yang telah dijalani di Majalah Dinding (Mading) sekolah.
Kunjungan ke redaksi P”mails merupakan akhir kegiatan dalam pelatihan jurnalistik ini. Meskipun sebentar, peserta sempat diajak berkeliling ke ruangan redaksi Padang Ekspress dan redaksi P’Mails. Pimpinan Redaksi P’Mails, Yusrizal KW berharap pelajar dari Mentawai ini dapat bergabung dengan P’Mails nantinya, sebagai reporter khusus Mentawai. Hal ini tak lepas dari alam bumi Mentawai yang sebenarnya menyimpan potensi yang layak diketahui oleh masyarakat luar Mentawai. Beliau juga menuturkan, dengan P’Mails, guru dan siswa akan merasa menjadi orang penting karena menjadi narasumber yang diwawancarai. “Bagi siapa saja yang berprestasi di sekolah, baik guru ,siswa maupun sekolah dapat ditulis dan dimuat di majalah P’Mails,” ungkap pimpinan redaktur P’Malis ini. Melalui P’Mailslah, harapan ini dicitakan untuk terwujud.
Untuk itu, peserta pelatihan telah diberikan bimbingan seputar dunia kepenulisan dan dunia jurnalistik di aula Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisonal di belimbing, Padang. Salah satu pemateri juga berasal dari redaksi Pmails, yaitu S.Metron atau yang akrab disapa Bang Oon. Pelatihan jurnalistik ini diharapkan dapat membantu pelajar Mentawai dalam memahami dunia kepenulisan, terutama dalam menulis di Mading sekolah.
Ayu, salah seorang peserta dari SMA 1 Pagai Utara Selatan juga berharap nantinya bisa mempraktekkan apa yang telah dibekali selama pelatihan ini. “Semoga aku bisa bergabung dengan P’Mails,”harapnya. (Ria Febrina/Nilna Rahmi Isna)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s