Hidup Sehat Tanpa Kanker

Kanker! Penyakit ini adalah ketakutan bagi semua orang. Tidak disadari gejala awalnya namun seketika menjadi monster bagi manusia. Kanker sebenarnya disebabkan oleh faktor-faktor di luar tubuh dalam keseharian hidup kita, seperti gaya hidup, pola makan, lingkungan, dan lain sebagainya. Namun, meskipun diketahui penyebabnya, kanker tetap tidak dapat dihilangkan 100 %. Kanker hanya dapat ditekan dan dicegah kemunculannya.
Berikut beberapa hal yang dapat mencegah munculnya kanker dalam tubuh yang dapat dengan mudah kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari :

=Ganti pola makan setiap hari
Pola makanan yang monoton ( sama ) setiap harinya dapat menimbulkan ketidakseimbangan dalam hal asupan gizi. Biasakanlah mengganti-ganti menu makanan setiap hari agar tubuh dapat menyerap berbagai macam unsur gizi dari setiap makanan yang kita makan.

=Banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan viamin
Vitamin bekerja untuk meningkatkan fungsi metabolisme tubuh. Bila fungsi metabolisme di dalam tubuh tidak berjalan dengan baik, maka di dalam tubuh terutama usus akan tertimbun banyak sampah. Timbunan sampah inilah yang dapat memicu munculnya kanker. Serat makanan berkhasiat untuk membersihkan dan mengeluarkan sampah-sampah yang tertimbun di dalam usus keluar dari tubuh. Mulailah mengurangi bahan-bahan yang mengandung protein hewani dan menggantinya dengan pola makan yang terkonsentrasi pada sayuran.

=Kurangi makanan asin dan panas
Pemakaian garam yang berlebih tidak hanya dapat memicu timbulnya kanker saja, tapi juga dapat menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit akibat pola hidup, seperti hipertensi. Sebaiknya, gunakan garam tidak lebih dari 10 gram dalam satu hari. Begitu juga dengan panas, sebaiknya tunggu beberapa saat sampai uap panas dari makanan tersebut hilang.

=Jangan hobi memakan bagian makanan yang gosong
Ada sebagian kita yang suka mengemil makanan gosong dengan dalih agar tidak mubazir. Ini salah karena pada bagian yang gosong (yang terkena panas yang berlebihan) terdapat unsur-unsur yang dapat berubah menjadi bibit penyakit.

=Lindungi diri dari panas matahari siang
Terpapar cahaya matahari merupakan hal yang penting bagi manusia. Namun hal itu sebaiknya digunakan secukupnya saja karena jika berlebihan, sinar ultraviolet akan menimbulkan kerusakan. Kulit akan terbakar jika tubuh terlalu sering disinari cahaya matahari, bila dibiarkan, gen yang ada akan rusak sehingga menibgkatkan resiko terkena kanker.

Sebenarnya, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menekan timbulnya kanker di tubuh asal kita mau membudayakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. (Sehat / Nilna Rahmi Isna)

diterbitkan pada Tabloid Pmails edisi 110, 4-10 November

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s