Beri Aku Semangat Hidup…!-1

Malam itu menjadi malam terberat dalam usia remajaku. Bertubi-tubi ujian dan cobaan menghadang dari berbagai sudut. Keluarga, teman, perkuliahan, organisasi, masyarakat, dan diriku sendiri. Aku frustasi sebenarnya. Down. Menyesali diri sendiri. Berpikir apa kesalahanku selama ini. Sempat terpikir untuk lari saja, tapi buat apa. Lalu dengan santai aku mengingat mati dan bunuh diri.
(Tenang saja, teman. Aku tak akan bunuh diri. Bunuh diri hanya sampai pada pikiran terluarku. Tapi jujur, aku sedikit goyah sebelumnya.)
Masalah-masalah itu datang silih berganti dari berbagai pohon yang berbeda tapi masih pada akar yang sama. Pohon itu adalah keluarga, teman, perkuliahan, organisasi, masyarakat. Dan akarnya adalah diriku sendiri. Analogi yang tepat, kurasa.

Aku minta maaf jika malam itu aku mengganggu tidur teman-teman semua. Tapi inilah diriku, aku suka mengumbar berita kepada orang-orang sekitarku bahwa ‘saat itu’ aku sedang terkena masalah. Dengan ini, aku cukup lega karena aku telah membagi masalahku dengan orang lain. ‘Membagi masalah’ terdengar kejam tapi itu salah satu cara efektif bagiku untuk mengurangi kesedihan –selain menulis- setelah menangis.

Maka malam itu, sebuah pesan singkat hadir di ponsel teman-teman seangkatanku :
“Beri aku semangat hidup… Nilna”

Lega sekali rasanya setelah lima kata itu berhasil aku ‘send to many’.

Dan sekitar 35 sms balasan aku terima, yang berhasil membuatku tersenyum, yang berhasil memberi pencerahan padaku, yang berhasil membuatku tertawa ngakak, geli, dan yang berhasil membuatku kembali menangis tapi sembari tersenyum lalu kemudian bangkit berdiri untuk menghapus air mata.

SMS-SMS yang berdatangan.

Mksdnya?
5 Okt 2007 19:10:00

Knapa rupanya? Mau pg ya?
5 Okt 2007 19:15:34

Minum aja fatigon spirit.. Biar pny spirit hdp.. Jgn minum baygon, qey.. He2..
5 Okt 2007 19:15:46

Ya udh, bertahan hdp ja ya.
5 Okt 2007 19:44:23

Na.. Na g’ pa2 kan..?? Baek2 aj kan..?? Koq smsny anh gtu..
5 Okt 2007 23:01:15

Ya…hidup nilna… Mangx da pa sih nil. Msk ukm ya nil?
5 Okt 2007 23:03:38

BerjUan9 Lah.,ini bRu awaL drI sMua-A frIend…..SEMANGAT..!
5 Okt 2007 23:04:47

Mksd nilna p? Smangt hdup?
5 Okt 2007 23:05:38

Maaf ya nil maksud a ini apa
5 Okt 2007 23:09:05

Cayo nilna! Cayo nilna! Cayo nilna!
Semangat nilna! Semangat nilna! Semangat nilna!
Maju nilna! Maju nilna! Maju nilna!
Semangat! Cayo! Maju!
Jangan menyerah / (^o^) /
5 Okt 2007 23:16:06

Nilna knp say??
5 Okt 2007 23:38:06

AzZ.. WhaT happen aYa nAoN tEh??
6 Okt 2007 02:24:42

Ok nilna! Hidup nilna! Semangat! Aq mendukungmu! Chayo…..!!!
6 Okt 2007 04:48:09

Ass. Maaf nilna, smsnya br nympe skrg k hp sevil, emg nilna knp say, baek2 ajakan?
6 Okt 2007 13:14:04

Hehe… ketahuan deh ciri-ciri anak PSIKM-07. Ada yang langsung panikan, ada bingung campur panik, ada yang butuh maksud terlebih dahulu, ada yang langsung ngasi semangat, ada yang santai-santai saja, dan ada yang iklan.

“Ya udh bertahan hdp ja ya” Ini sms ngeri yang nilna terima. Dengan santainya mengatakan, “bertahan hdp ja ya” Bagaimana kalau saat itu nilna benar-benar sedang sekarat atau benar-benar dalam pikiran hendak bunuh diri. Bisa-bisa nilna turun dari gantungan dan melepaskan tawa terlebih dahulu baru melanjutkan bunuh diri atau tidak jadi sekarat karena tertawa terbahak-bahak. Anyway, makasih sudah membuat nilna tertawa.

“Minum aja fatigon spirit.. Biar pny spirit hdp.. Jgn minum baygon, qey.. He2..” Nah, ini sms yang nge-iklan. Masih sempat-sempatnya jadi sales waktu temannya sedang stress. Ck..ck..ck… Maaf pren, saya menghargai saran anda tapi saya tidak menerima sales ketika sedang stress. Hehe…. Makasi ya teman, atas sms iklannya. Peace!

“Na.. Na g’ pa2 kan..?? Baek2 aj kan..?? Koq smsny anh gtu..” Nilna berterimakasih sekali atas sms yang satu ini. Ini membuktikan bahwa masih ada orang yang khawatir dengan nilna. Agak kaget campur takut juga membacanya. Takut kalau teman-teman yang lain bereaksi sama dan berpikir bahwa nilna akan mengakhiri hidup secepatnya. Hehe.. tapi nilna baik-baik saja kok.

Berikut sms penyemangat yang berhasil menjernihkan dan menenangkan pikiranku. Ia mengurangi kesedihanku tapi juga membuatku menangis terharu :

Semua yang akan kau temui tidaklah harus dengan apa yang kau ingini. Tetapi, sesuai dengan apa yang dikehendaki pencipta semesta ini. Karena itu, sangkutkanlah keinginanmu itu kepada kemauanNya. Jangan pernah lemah untuk USAHA, IKHTIAR, DAN TAWAKAL. 2 hal yang harus kita punya ZHAHIR DAN BATHIN, 2 hal itu yang harus kita jaga. Setiap manusia selalu didatangi oleh 4 hal TAAT, MAKSIAT, RAHMAT, DAN BALA. Maka ketika datang hal itu kita juga harus ingat 4 hal. Ketika datang TAAT ingat itu adalah TAUHID ALLAH. Ketika datang MAKSIAT ingat TAUBAT kepada ALLAH. Ketika datang RAHMAT ingat itu adalah milik ALLAH. Ketika datang BALA ingat SABAR akan ketentuan ALLAH.
Maaf ya nil, mungkin ini yang bisa aku Bantu. Kalau ada masalah yang dipendam, kalau bisa cerita. Aku janji akan jaga rahasia. (5 sms)
5 Okt 2007 23:33:22

Jika hati seputih awan jangan biarkan ia mendung, jika hati sebening air jangan biarkan ia keruh, jika hati seindah bulan hiasi dengan senyum. Sahabat, tabahkan hatimu ya.. kami, temanmu akan selalu mendampingimu. Ceritalah sahabat, biarkanlah semua lepas dan mengalir sehingga berkurang kepedihanmu. Semangatlah sahabat… (2 sms)
6 Okt 2007 00:23:27

Manga nilna? Semakin bertambah umur kita, semakin banyak ilmu yang didapat, semakin banyak masalah yang datang. Kita harus tabah dan tawakal, jangan cepat putus asa, apalagi di bulan puasa, baca quran dan shalat malam. Berdoa pada Allah. Semangat… Mari kita raih lebaran dengan penuh ketaqwaan. Allahuakbar…. (2 sms)
6 Okt 2007 04:27:55
Dan diantara semuanya, aku paling tersentuh dengan sms berikut ini, yang berhasil mebuatku kembali menangis karena menyadari betapa bodohnya aku. Tapi aku menangis sambil tersenyum karena kini aku tahu bahwa Tuhan menyayangiku :

Ketika berbagai macam problema datang menghadang, itu pertanda bahwa Tuhan masih sayang kepada kita. Ujian dan cobaan itu adalah bukti akan ketaatan kita kepadaNya sebagai hambaNya yang beriman dan bertaqwa.
Setiap masalah itu pasti ada jalan keluarnya. Namun terkadang kita lupa kalau masih banyak orang yang selalu ingin membantu, menyayangi, dan mengasihi kita.
Ingat! Kesempatan hanya datang satu kali, ketika orang itu masih ada di depan kita, jangan sia-siakan mereka. Kebanggaan orangtua adalah fitrahnya seorang anak. Tidak ada orangtua yang tidak sayang terhadap anaknya. Namun mungkin kadang kita tidak paham akan semua itu. Sekarang semuanya belum terlambat. Keputusasaan dan kesedihan yang mendalam adalah cara yang paling bodoh yang tak harus diikuti.
Bangkitlah kembali.
Luruskan niatmu.
Ingat, kamu adalah insan yang kuat dan kokoh.
Tidak sepantasnyalah angin kecil menggoyahkan pondasimu yang kuat itu.
Doaku selalu bersamamu.
From your friend. (5 sms)
5 Okt 2007 20:25:01

Nah, demikianlah ceritanya.
Sebenarnya aku tak bermaksud mengganggu tidur teman-teman semua. Tapi malam itu, ketika aku merasa sudah cukup tenang, hawa iseng menjalari pikiranku. Awalnya sms itu aku kirim ke beberapa orang saja. Namun kemudian aku ingin tahu reaksi teman-teman yang lainnya (maklumlah nilna dapat 30 sms off peak). Dan ternyata….
***
Satu lagi nih, jika suatu saat nanti Nilna kirim sms serupa yang intinya meminta bantuan, dorongan, atau support, itu artinya Nilna memang sedang butuh. Jadi jangan diabaikan ya, teman-teman!

One thought on “Beri Aku Semangat Hidup…!-1

  1. assalamualakum wr wb…..leh gabung….
    afwan…
    Alloh SWT tidak menjanjikan hari2mu tanpa duka, kegembiraan tanpa penderitaan, matahari tanpa hujan dan ilmu tanpa amal, tapi Ia sungguh menjanjikan kekuatan untuk menghadapi hari2 mu, penghibur bagi air matamu dan penerang bagi jalanmu serta sabar untuk kekuatanmu.semoga kita dapat melalui setiap detik kehidupan dengan lebih baik lag n tetp istiqomahkan diri untuk meraih RIDHO ILAHI.

Leave a Reply

