Duh, Pluto bukan Planet lagi

Planet pluto yang kita kenal sebagai planet kesembilan dalam jajaran tata surya matahari, kini tak lagi disebut sebagai planet. Hal ini menyusul hasil Sidang Umum Himpunan Astronomi Internasional ke-26 di Praha, Ceko yang dihadiri oleh 2.500 astronom dari 75 negara Agustus lalu. Pluto yang populer sebagai planet terkecil dan terjauh dari matahari ini, dicabut statusnya dengan alasan tidak cukup memenuhi persyaratan sebagai planet.
Para ilmuwan menyepakati bahwa syarat sebuah planet adalah harus berada di orbit sekitar Matahari, ukurannya cukup besar mendekati bulat, dan menjauhkan orbitnya dari benda-benda lain. Pluto tentu saja tersingkir dari kategori itu sebab orbitnya yang berbentuk elips sering tumpang tindih dengan orbit Neptunus. Terhadap matahari pun orbit Pluto terlalu melengkung dibanding delapan planet lainnya. Selain itu, belakangan ini teleskop-teleskop dunia berhasil menangkap objek-objek langit baru yang ukurannya sebanding dengan Pluto, bahkan lebih besar.
Maka, setelah selama 76 tahun berkiprah sebagai planet dalam tata surya matahari, Pluto kini dimasukkan ke dalam klasifikasi baru yang disebut “planet katai” atau planet kerdil. Dalam klasifikasi ini, Pluto tidak sendirian tapi ditemani oleh Xena, Charon, 2003UB313 (yang dilansir sebagai planet ke-10), dan asteroid terbesar dalam tata surya, Ceres.
Diberi nama bagaikan dewa jahat dalam mitologi Romawi, Pluto mengelilingi Matahari pada jarak rata-rata 5,9 miliar kilometer dan memerlukan 247,9 tahun Bumi untuk sekali mengelilingi matahari. Wah, jauh ya! (Nilna Rahmi Isna/SMAN 2 Padang/Berbagai Sumber)

Halaman Insting Tabloid Pmails edisi 53

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s