Memasak

“Kamu pandai memasak, nilna?”

Sekali lagi pertanyaan mengagetkan muncul. Saya tergagap menjawab pertanyaan itu. Belum sempat menjawab, Om KW, sang empu pertanyaan, membantu saya menjawab pertanyaan dengan menggeleng-gelengkan kepala. “Nggak pandai ya?,” tanya Om KW yang membuat saya terpaksa menjawab kali ini. Saya menggeleng lemas sebagai jawaban.
“Kenapa? Tidak diajarkan memasak oleh Ibu?” Untuk pertanyaan ini, saya langsung menjawab.
“Bukannya nggak diajarkan. Tapi Nilna-nya yang nggak mau?” Ah, saya jadi teringat pada Ibu. Baru tadi pagi Ibu menyuruh saya membersihkan dan menggoreng ikan. Tapi saya menolak dengan alasan mau pergi ke Padek. Saya hanya membersihkan ikan tanpa menggorengnya. Itu pun nyaris setiap saat bertanya pada Ibu. “Berapa kali nyucinya? Kalau kepalanya terpotong, gimana? Baunya masih amis, Bu? Bu, siripnya dipotong atau nggak? Moncongnya dipotong juga? Dan blabalabla?”
Sebenarnya saya tidak anti memasak. Tapi saya takut salah. Soalnya kalau salah atau terlalu banyak bertanya pada Ibu, Ibu akan marah. Pernah sekali saya salah. Saya kacau gulai ikan Ibu asal-asalan. Hasilnya, ikan itu berantakan. Kepala dan badannya terlepas semua. Ibu marah-marah pada saya. “Makanya diajarkan!,” seru Ibu. Saya tertawa cengengesan.
“Ada filosofinya begini : Suami banyak meninggalkan istri karena istrinya tak pandai masak. Suami lebih senang di luar rumah karena di luar orang lain memberinya makanan. Kamu bisa diceraikan suami kalau tak pandai masak!” Om KW kembali melanjutkan kalimatnya.
Malu saya jadinya. Sekarang saya mau pulang. Mau memasak.

3 thoughts on “Memasak

  1. Cup-cup-cup.. Ngga’ usah sedih kakak. MAsak itu ngga’ penting lho. Yang penting kita masih bisa makan. Ya Khan? Jangan sedih lagi ya!

  2. Wakakakkakaaa…memasak? memang patut dipertanyakan. HUh…kita senasib. Pie juga kaget waktu Om KW nanya gituh..Sebenernya bantu2 mama blom cukup memuaskan untuk kita pandai memasak..
    Aku juga ingin pulang. Mau memasak. Memasak air dan mie rebus.
    Hwhahahhahahaa…

Leave a Reply

