I-Unit, Mobil Masa Depan yang Ramah Lingkungan

mobil-masa-depanphp.jpg

Toyota memperkenalkan kendaraaan unik baru yang dinamai I-Unit. I-unit merupakan mobil berkapasitas satu orang yang berteknologi ramah lingkungan. I-unit tidak hanya bisa digunakan di jalan raya tapi juga di dalam rumah.


Ide pembuatan i-unit sebenarnya terinspirasi dari helai daun yang melayang dan menyatu dengan alam. Layaknya daun, i-unit pun dirancang menyatu dengan alam, efisien, tanpa emisi, dan dibangun menggunakan material yang dapat didaur ulang seperti kenaf (material tumbuhan yang berasal dari Indonesia) serta bioplastik. I-unit memberikan kebebasan bergerak bagi pengendaranya sekaligus meniadakan pemborosan ruang yang juga berarti penghematan energi.

Mobil masa depan ini disebut ramah lingkungan karena bertenaga baterai. I-unit sangat fleksibel, ia dapat disetel dalam posisi tegak maupun rebah. Pada posisi tegak, i-unit melaju dengan kecepatan enam kilometer per jam dan 20 hingga 30 kilometer per jam pada posisi rebah. Mobil ini dapat dikendarai dalam aneka posisi sesuai kebutuhan manusia. Dengan bentuknya yang hemat tempat dan mendekati ukuran manusia, i-unit memiliki kemungkinan untuk berjalan dan lari layaknya manusia. Bagi pengemudi, hal ini menimbulkan perasaan menyatu dengan kendaraan.

I-unit memungkinkan pengemudi melakukan gerakan tiba-tiba atau manuver secara cepat dan mudah. Didukung sistem informasi yang menggunakan suara, cahaya, dan getaran, kendaraan ini memudahkan penumpang berkomunikasi secara interaktif. Pada model kecepatan rendah, i-unit memungkinkan penumpang bergerak leluasa di antara orang lain sedangkan pada model kecepatan tinggi, memungkinkan pengendalian yang stabil saat melaju kencang.

Keadaan di sekitar i-unit dapat dimonitor melalui kamera dan radar. Selain itu, sistem keselamatan mampu menghindari kecelakaan selama bergerak. Sistem ini bekerja melalui komunikasi yang terjadi antara kendaraan dan jalanan dan antara pengemudi untuk mendeteksi resiko melalui pertukaran informasi antar kendaraan.
Kelebihan lainnya, I-Unit dilengkapi dengan ITS (Intelligent Transport System), dimana salah satu fungsinya adalah sensor pencegah tabrakan. Alat ini diilhami dari ikan yang bergerak dalam kelompoknya.

I-Unit dipamerkan di Indonesia pertama kali pada ajang Indonesian International Motor Show (IIMS) 2007 yang berlangsung di Jakarta Convention Center pada 19-28 Juli lalu. Hingga saat ini, Toyota hanya memproduksi 40 kendaraan I-Unit. (BaristaMobile/Nilna Rahmi Isna)

10 thoughts on “I-Unit, Mobil Masa Depan yang Ramah Lingkungan

  1. wah.. sudah banyak ya barang-barang ajaib dari kantong doraemon yang keluar menjadi barang yang nyata.
    saya sebagai orang awam boleh tau ga apa alat-alat baru yang akan dikeluarkan lagi untuk masa depan?
    kalau boleh kirim ke email saya ya..
    apakah I-unit ini tidak mengkhawatirkan untuk masa depan? karena kalau dalam teori evolusi alat-alat tubuh yang jarang digunakan akan mereduksi. nah.. kalau I-unit juga boleh digunakan di rumah tentu kaki akan jarang digunakan. dan akhirnya kaki mereduksi?
    jawab ya..

  2. Apa pun bentuknya dan efeknua bagi tubuh manusia, penemuan yang kreatif akan mendorong anak Indonesia untuk semakin kreatif dalam berbagai hal.
    Pertanyaannya hanya satu, kapan mobil I-Unit berharga 10 juta sehingga polusi udara di tanah air Indonesia semakin berkurang. Terima kasih. Salam untuk para kreator muda Indonesia.

  3. kalo ngerem mendadak bisa langsung cium tanah tuch…
    kalo ujan tampyas,
    kalo panas gosong,
    walaupun dibikin duduk, tapi dengkul ga pegel ya tuch?

  4. harganya berapa tuh ?? mahal gak ya ?? wahh nanti kalo ngerem mulut kita monyong ke depan dong .. hahahhaha ditambah dong produksi nya I-Unit kerreemnn

  5. ini tuh kaya yang ada di film animasi robot gitu deh, w judul nya lupa tp cerita nya manusia sblm nya tinggal di planet lain yang kmudian mereka nyari planet yang bisa di tinggalin, orang2 nya gendut2..
    hahaha jadi inget gw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s