Kalau Tidak Mencoba, Kemungkinan Berhasil Adalah Nol

dscn1423.jpg

Ismet Fanani adalah dosen Bahasa Indonesia di Deakin University, Melbourne, Australia. Di sana beliau juga menjabat sebagai Ketua Dewan Kajian Indonesia. Sebelum di Australia beliau pernah mengajar di berbagai universitas Amerika (14 tahun) dan Singapura (2 tahun).


Prinsip hidup Bapak yang suka berkebun ini sederhana saja, jangan pernah berpikir sulit dan yakinlah tak ada yang tak mungkin. Prinsip inilah yang mengantarnya menuju sukses.
“Dulu waktu jadi guru SMP di Solok, saya mendapat berita ada ujian beasiswa sekolah di Malang. Berita datang hari Sabtu, ujiannya Senin. Saat itu saya masih di Solok. Kalau berpikir pesimis, saya pasti takkan datang ke Malang, apalagi yang lolos cuma dua. Tapi saya mencoba mengambil kesempatan itu. Sebab, kalau tidak mencoba kemungkinan berhasil adalah nol. Tetapi, kalau berani mencoba, setidaknya kesempatan akan menghampiri walau sedikit,” tuturnya mengenang.
Bapak yang suka menulis dan telah menghasilkan sebuah novel ini mengaku senang di luar negeri.
“Bagi masyarakat luar (negeri), kita bernilai sebagai manusia. Mereka lebih melihat orang berdasarkan kemampuannya. Di Indonesia, kita kurang berharga kecuali kalau memiliki posisi atau relasi. Saya ke Amerika untuk mengajar tapi akhirnya malah mendapatkan pelajaran bahwa saya ini berharga sebagai manusia, dan ini terjadi bukan di negara saya.”
Masih banyak hal lain di luar negeri yang mengesankan bagi Pak Ismet.
Seperti ketertiban dan kedisiplinan di Amerika, kebersihan dan keteraturan di Singapura dan keamanan yang terjamin di Melbourne Australia.
“Semua wawasan dan pengalaman itu tak mungkin didapat, jika hari itu saya pesimis mendapatkan beasiswa di Malang,” ujarnya. (Nilna Rahmi Isna)

Rubrik Tokoh Pmails Edisi 96

Leave a Reply

