Seledri Bisa Menekan Kolesterol

Ternyata, kelebihan kolesterol bisa diredakan dengan sebatang seledri. Penyakit kelebihan kolesterol atau hiperkolesterolemia yang mengganggu kesehatan jantung ini sebenarnya dapat diturunkan dengan mengonsumsi bahan alami seperti seledri.
Sebuah penelitian dengan menggunakan tikus putih sebagai hewan percobaan menunjukkan bahwa daun seledri Apium graveolens L. dapat menurunkan kadar kolesterol darah yang terkandung dalam tubuh tikus putih tersebut. Hal ini disebabkan, di dalam seledri terkandung senyawa glukosida, apiin, dan apoil yang memberi aroma khas. Sedangkan, senyawa apa yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol darah belum teridentifikasi.
Jika ingin menggunakan seledri sebagai salah satu alternatif pengobatan, pilihlah sebatang seledri untuk direbus dengan satu gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, minumlah air rebusan itu. Cukup diminum satu kali dalam sehari.
Bagaimanapun, mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah penyakit hiperkolesterolemia ini, berbagai patokan sederhana dapat diikuti diantaranya : menambah kadar serat dapat larut dalam diet dengan makan buah-buah, sayuran, kacang-kacangan, dan bebijian. Penderita hiperkolesterolemia juga dianjurkan untuk membatasi konsumsi kacang tanah mentega, margarin, keju, dan minyak goreng dari kelapa atau kelapa sawit. Ada baiknya mengganti bahan-bahan tersebut dengan minyak bunga matahari, kedelai, kanola, atau minyak zaitun. Idealnya, lakukan penurunan bobot dengan cara berolahraga.(Berbagai sumber/Nilna Rahmi Isna)

Halaman Insting Pmails edisi 96

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s