Pemerintah Memburu Guru, Guru Memburu Waktu, Waktu Memburu Murid, Murid Memburu Pemerintah

Banyak siswa pintar yang katanya tak lulus ujian nasional. Katanya juara olimpiade fisika tapi gagal di matematika. Tentu saja, fisika kan beda dengan matematika. Ada lagi yang katanya sudah diterima PTN ternama, sayang tak dapat nama. Mengapa hal unik ini yang mesti terjadi?.

Unik, sangat unik bahkan tak bisa dibilang “Ah itu mah biasa”. Ada siswi datang ke istana negara menuntut haknya yang terbuang sia-sia. Tapi apa haknya datang kesana. Ia bukan petinggi negara, tak diundang, bukan pula pers. Malangnya ia juga bukan cleaning service atau office boy, bukan satpam atau pembantu rumah tangga bu presiden. Apa mungkin ia tukang pos langganan presiden yang hobi mengantar surat untuk pak presiden?. Kelihatannya benar juga, soalnya ia bawa-bawa amplop besar. Surat apa ya yang mau diantarnya?. Bukan, ia bukan tukang pos. Lihat saja bajunya, berseragam putih abu-abu. Terus, siapa yang ada di sebelahnya?. Ibu-ibu berpakaian mewah, dengan setumpuk gelang di pergelangan tangannya, sejumlah cincin di jemarinya, sebuah kalung teramat panjang di dadanya, lalu kipas-kipas di tangan kirinya, tas cantik di sebelah kanannya. Buat apa ya, ibu dan anak itu berpanas-panas ria?.
“fiuh…. panas sekali. Pak presidennya mana ya?” si ibu-ibu mulai penat, badannya letih, ia haus. Si anak merengek-rengek, “mama aku malu ma… Masa aku nggak lulus. Aku kan anak terhormat, bapakku pejabat, aku anak orang kaya.” Kasihan ya… Pemerintah gimana sih?. Kan kasihan anak itu. Dia itu anak orang kaya, ntar pak presiden dipecat lho…. Kalau orang kaya itu, biarin aja kaya terus. Kalau perlu dibantu biar tambah kaya. (Kasi aja duit bonus biar mereka bisa buka kantor-kantor swasta. Biar saja uang negara habis, yang penting pak presiden gak jadi dipecat). Yang miskin biar saja miskin. Pura-pura kasih sumbangan aja, bantuan ini itu. (Imej pak presiden tetap baik kan? Iya.. rakyat kita masih bilang presiden itu baik. Action? Harus itu.
Duh.. kenapa ya mereka nggak lulus?. Apa mereka itu bodoh?. Nggak deh! mereka kan juara-juara semua. Apa mereka sombong kali ya..?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s