3 Teknologi Tidur Siang

Beragam teknologi mencuat di media massa. Kebutuhan sekunder manusia seakan telah menjadi kebutuhan primer sehingga perusahaan-perusahaan berlomba-lomba menciptakan teknologi baru yang bisa dimanfaatkan oleh para konsumsinya.
Baru-baru ini, sebuah perusahaan elektronik mancanegara mengeluarkan tiga produk tempat tidur yang dirancang khusus untuk mereka yang melepaskan penat barang sejenak.
3 teknologi itu adalah The Transport, Napmosphere, dan MetroNap Nap-Pod. Ketiga produk ini merupakan sebuah tempat tidur yang didisain nyaman serta canggih unmtuk para penggunannya.
The transport. Tempat tidur ini dirancang oleh Alberto Frias. Memiliki penutup mirip telur yang terbuat dari bahan fiber. Suasana hangat akan langsung terasa begitu masuk ke dalamnya. Ini karena kasurnya yang berisi air ditambah suguhan alunan musik di dalamnya.
Tempat tidur ini menggunakan konsep filosofi cahayayang mengistirahatkan mata. Cahaya putih yang lembut mengelilingi sekitar kita. nyala sinar pun dapat mengikuti irama musik.
Kasur berbentuk melingkar dengan diameter hampir dua meter. Dengan luas ini, kasur cukup lebar untuk dipakai berdua.
Napmosphere lain lagi. Alat ini diciptakan oleh lima ilmuwan Jerman yaitu Johanna Eutermoser, Geraldine Fischer-Pupolier, Yvonne Göppner, Kathrin Sälzer, dan Pascal Sbrzesny. Konsepnya adalah tempat tidur fleksibel yang bisa digunakan kapan saja.
Napmosphere terbuat dari bahan parasut yang mudah dilipat hingga muat di dalam tas bepergian. Bentuknya menerapkan teknologi Ergotherapy. Disainnya mengikuti bentuk tubuh, menopang, dan membuat badan rileks. Bantal tidak akan ditemukan di kasur ini. Fungsinya digantikan oleh bola-bola kecil sebagai penopang kepala hingga kaki.
Salah satu sisi menarik Napmosphere adalah warna-warna terang yang menghiasinya. Warna-warna ini memantulkan cahaya sehingga terlihat seperti lighting-mood yang cocok untuk istirahat. Alat ini juga diberi fitur music player.
Terakhir MetroNap Nap-Pod. Terdapat empat hal yang bisa didapat dari Nap-Pod itu. Yaitu, EnergyPod, private, hygienic, dan calming. Bentuknya serupa kursi malas yang dilapisi kain dari bahan kedap air. Bila terkena cairan dapat segera dibersihkan sehingga alat tetap higienis.
Jika tak ingin cahaya masuk, cukup geser pelindung cahaya hingga menutupi seluruh bagian tempat tidur. Suara tak akan merambat keluar, begitu juga dengan suara dari dalam tak akan terdengar dari luar. Jadi tidak perlu khawatir jika dengkuran akan terdengar orang sekitar. Musik ikut melengkapi MetroNap Nap-Pod. Speaker musik playernya diletakkan di sandaran kepala yang mudah dijangkau.(KCM/Nilna Rahmi Isna/SMAN 2 Padang)

diterbitkan oleh Tabloid Pmails edisi 85, 06 – 12 Mei 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s