SMAN 2 Padang Kunjungi ITP

Rektor Institut Teknologi Padang (ITP), Prof. Dr. Ir. Yulman Munaf, MS mengundang siswa kelas tiga SMAN 2 Padang untuk berkunjung ke kampusnya. Institut yang terletak di Jln. Gajah Mada Kandis Nanggalo Padang ini dikunjungi dalam rangka pengenalan ITP kepada siswa siswi SMA, khususnya kelas tiga. SMAN 2 Padang mengutus kurang lebih 135 siswa untuk program ini. Kunjungan ke kampus yang telah berdiri sejak tahun 1973 ini difasilitasi transportasi dari dan ke SMAN 2 Padang.


SMAN 2 Padang adalah sekolah yang beruntung bisa mendatangi langsung satu-satunya institut teknik di Sumatera ini. Kedatangan siswa siswi SMAN 2 Padang disambut langsung oleh rektor ITP, Yulman Munaf beserta sejumlah dosen dan mahasiswa. Acara dimulai pukul 09.30 WIB yang dimoderatori oleh Ismet Eka Putra ST S.St.
Untuk pembuka, para siswa disuguhkan persentasi power point yang memperlihatkan gambaran ITP secara keseluruhan. Persentasi yang digawangi oleh Agus M.Sc ini juga sekaligus memberi motivasi kepada siswa siswi kelas tiga agar bisa menciptakan pribadi yang cerdas dan berintelektual.
Selanjutnya, siswa siswi dibawa ke beberapa laboraturium ITP. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan alat-alat lab yang biasa digunakan oleh mahasiswa teknik. Dibagi atas kelompok-kelompok, siswa digiring oleh seorang mahasiswa sebagai instruktur. Salah satunya Taufik, mahasiswa ITP yang memandu siswa mengunjungi beberapa lab seperti lab mesin, lab sipil, lab informatika, lab konversi energi elektro dan mesin, lab material dan lab komputer. Siswa putih abu-abu ini juga dipersilahkan memasuki Welding Training Center (WTC), yaitu pusat pelatihan las. Di area ini, siswa dibolehkan melihat cara kerja las dari dekat dengan menggunakan kacamata las. Selain itu, lab CAD (Computer Aineed Design) dan CAM (Computer Aineed Manufacture) juga menarik perhatian siswa karena disini siswa siswi diajarkan langsung bagaimana mendisain produk dengan pengukuran yang valid lewat komputer. Kampus ini juga dilengkapi dengan Self Study Room yang merupakan tempat nyaman bagi mahasiswa untuk belajar dan berdiskusi. Disamping itu, siswa juga dikenalkan dengan mesjid, perpustakaan, warnet, dan taman belajar di ITP.
Di akhir acara, Ismet Eka Putra mengadakan door prize sekaitan dengan kegiatan yang baru saja dijalankan tersebut. Acara ini tentu saja memberi pengalaman yang mengesankan. Setidaknya, setelah keluar dari kampus siswa telah dibekali dengan pengetahuan seputar teknologi dan alat-alatnya.
Institut yang sudah 49 kali mewisuda mahasiswa ini memiliki dua nama sebelum ITP. ATP (Akademi Teknik Padang) lalu STTP (Sekolah Tinggi Teknik Padang) kemudian tahun 2002 baru menjadi ITP (Institut Teknologi Padang) hingga sekarang. (Nilna Rahmi Isna/SMAN 2 Padang)

2 thoughts on “SMAN 2 Padang Kunjungi ITP

  1. Pingback: Welcome to Busran’s Blog Page » Blog Archive » Siswa SMA Negeri 2 Kunjungi Kampus ITP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s